Sukses

Barcelona Krisis Pemain La Masia

Barcelona mengalami kemunduran dalam hal promosi pemain La Masia ke skuat senior Barcelona.

- Barcelona tengah mengalami krisis pemain akademi. Saat ini, hanya ada enam penggawa Barcelona hasil jebolan akademi klub yang memperkuat skuat senior, yaitu Lionel Messi, Andres Iniesta, Gerard Pique, Sergi Roberto, Sergio Busquets dan Jordi Alba.

Barcelona sempat dicap memiliki akademi sepak bola terbaik di dunia. Hal tersebut disebabkan banyaknya pemain hasil didikan akademi yang menembus skuat senior.

Lima tahun lalu, tercatat ada 17 pemain hasil didikan akademi yang menjadi bagian dari skuat senior Barcelona. Tidak heran jika Barcelona sangat membanggakan akademinya. La Masia pun disebut sebagai simbol kebanggaan para petinggi Barcelona.

Namun, angka tersebut jelas sangat jauh jika dibandingkan dengan kondisi saat ini. Kali terakhir Barcelona minim pemain didikan akademi terjadi pada musim 2002-03.

Saat itu, pemain yang menjadi jebolan La Masia adalah Carles Puyol, Xavi Hernandez, Gabri Garcia dan Gerard Lopez.

Lalu, apa yang menjadi penyebab utama dari situasi tersebut di Barcelona?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tren Bursa Transfer

Tren bursa transfer yang mengalami perubahan turut memengaruhi kondisi La Masia. Kini, klub-klub top Eropa tidak segan untuk membeli pemain muda yang dianggap memiliki talenta hebat.

Contoh terakhir adalah hengkangnya Sergio Gomez ke Borussia Dortmund. Satu di antara pemain terbaik di skuat La Masia tersebut ditebus dengan harga 3 juta euro (Rp 50,16 miliar) oleh Dortmund.

Jaminan bermain reguler lebih mudah didapat jika sang pemain meninggalkan Barcelona. Alasan tersebut juga menjadi penyebab utama Barcelona sering ditinggal para pemain muda berbakatnya.

Barcelona tidak tinggal diam dengan situasi tersebut. Upaya pencegahan pun mulai diterapkan, yaitu dengan menaikkan gaji para pemain La Masia hingga 160 persen dan perubahan harga klausul penjualan dalam kontrak pemain.

Sumber: Marca

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.