Sukses

Pencapaian 100 Xavi

Bintang Barcelona Xavi Hernandez bersiap mencatatkan 100 caps untuk Spanyol ketika sang juara dunia bertanding dalam laga kualifikasi Euro 2012, Jumat (25/3).

Liputan6.com, Barcelona: Bintang Barcelona Xavi Hernandez bersiap mencatat jumlah pertandingan ke-100 kalinya untuk Spanyol ketika sang juara dunia bertanding dalam laga kualifikasi Euro 2012, Jumat (25/3). Xavi dengan demikian akan menjadi pemain kedua di Spanyol yang menembus tiga digit caps setelah penyerang legendaris Real Madrid Raul Gonzalez.

Tidak ada yang menyangkal bahwa Xavi merupakan salah satu gelandang terbaik di dunia dewasa ini. Di level internasional, dua medali paling prestise sudah dikoleksi olehnya. Setelah membawa Spanyol menjuarai Euro 2008, Xavi juga ikut mengantar La Furia Roja menjuarai Piala Dunia tahun lalu di Afrika Selatan.

Itu belum termasuk berbagai gelar juara utama yang dimenangkannya saat berbaju Barcelona. “Selama Piala Dunia (2010) saya menyadari bahwa saya sudah mendekati angka 100 caps. Jika pelatih menginginkan tetap memakai saya maka pencapaian itu akan kesampaian,” katanya. “Saya tidak menyadari sebelumnya bisa bermain 100 kali untuk Spanyol. Ini sungguh menyenangkan.”

Meski usianya tidak muda lagi dan sudah mengoleksi dua trofi paling bergengsi, pemain berusia 31 tahun ini mengaku tidak kehilangan hasrat terus membela tim Matador. “Ketika mereka (Timnas Spanyol) membutuhkanku, mereka bisa mengandalkanku. Serius. Untuk sekarang ini saya fokus ke perhelatan Euro 2012. Tapi mungkin sehabis itu saya bisa bermain di Brasil (pada Piala Dunia 2014),” katanya lagi.

Spanyol merupakan satu dari empat negara yang masih memegang 100 persen kemenangan, bersama dengan Jerman, Norwegia, dan Belanda. Spanyol yang memuncaki Grup I akan menghadapi Republik Ceska dalam partai kandang mereka di Granada dalam lanjutan kualifikasi Jumat nanti.(DIM/El Pais)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.