Sukses

MotoGP: Tech 3 Yakin Pembalap Malaysia Ini Pilihan Tepat

Tech 3 percaya Syahrin akan menunjukkan kemampuannya pada tes pramusim MotoGP di Thailand.

Liputan6.com, Sepang - Yamaha Tech 3 telah menunjuk Hafizh Syahrin sebagai pengganti Jonas Folger pada tes pramusim MotoGP 2018 di Sirkuit Buriram, Thailand, 16-18 Februari. Meski minim pengalaman, Tech 3 merasa itu adalah keputusan tepat.

Kehadiran Syahrin setidaknya bisa membuat Tech 3 sedikit tenang jelang dimulainya MotoGP 2018. Maklum, mereka sempat kewalahan mencari pembalap yang bisa menggantikan peran Folger. Seperti diketahui, Folger dipastikan absen di musim depan karena mengidap Epstein-Barr Virus (EBV).

Virus tersebut membuat Folger terus merasa kelelahan. Virus itu pula yang membuatnya absen pada balapan MotoGP Jepang, Australia, Malaysia, dan Valencia tahun lalu. Sempat muncul beberapa nama, pada akhirnya Tech 3 memilih Syahrin untuk pergi ke Thailand.

Bagi Tech 3, penunjukkan pembalap asal Malaysia itu mungkin saja menjadi sebuah blunder jelang bergulirnya MotoGP 2018. Maklum, Syahrin belum memiliki pengalaman untuk berkompetisi di kelas MotoGP. Tapi, bos Tech 3, Herve Poncharal tetap percaya dengan potensi pembalap berusia 23 tahun itu.

"Saya bahagia dan merasa terhormat bahwa Hafiz akan tes bersama kami di Buriram. Ia tak memiliki pengalaman MotoGP, tapi begitu juga dengan (Thomas) Luthi, (Franco) Morbidelli, (Takaaki) Nakagami). Sama seperti (Johann) Zarco dan Folger setahun lalu," kata Poncharal, dilansir Speedweek.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Punya Potensi

Pembalap Malaysia, Hafizh Syahrin dinilai belum siap tampil di MotoGP tahun depan (MOHD RASFAN / AFP)

 Sejatinya, Syahrin sendiri sudah tercatat sebagai pembalap SIC Racing Team untuk musim 2018. Namun, secara tiba-tiba tim tersebut mengumumkan kehadiran Zulfahmi Khairuddin untuk menjadi pembalap utama mereka di musim ini.

Bagi Syahrin, bisa melakukan tes pramusim MotoGP bersama Tech 3 jelas sesuatu yang membanggakan. Bagi Tech 3, kehadiran Syahrin menjadi sebuah langkah tepat untuk mengulangi balapan yang impresif seperti di musim lalu.

"Setelah tes di Sepang, kami banyak melakukan diskusi. Kami memutuskan bahwa Syahrin adalah pilihan yang sangat tepat. Ia berasal dari Malaysia, bagian dunia yang sangat penting bagi industri motor," jelas Poncharal.

"Saya yakin ia akan menunjukkan kepada kami apa yang ada di dalam dirinya. Ia masih berusia 23 tahun, memenangkan beberapa podium Moto2, yang tidak mudah. Ia menyelesaikan musim 2016 dan 2017 di 10 besar, yang menjadi pencapaian besar," ia menambahkan.

 

3 dari 3 halaman

Daftar Pembalap di MotoGP 2018

Aprilia: Aleix Espargaro, Scott Redding

Ducati: Andrea Dovizioso, Jorge Lorenzo

Pramac Racing: Danilo Petrucci, Jack Miller

Avintia: Xavier Simeon, Esteve Rabat

Aspar: Karel Abraham, Alvaro Bautista

Marc VDS: Thomas Luthi, Franco Morbidelli

Repsol Honda: Dani Pedrosa, Marc Marquez

LCR Honda: Takaaki Nakagami, Cal Crutchlow

KTM: Bradley Smith, Pol Espargaro

Suzuki: Andrea Iannone, Alex Rins

Yamaha Tech 3: Johann Zarco,

Movistar Yamaha: Maverick Vinales, Valentino Rossi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini