Sukses

5 Pemain Terlama di Manchester United Sejak Era Sir Alex

Berikut ini 5 pemain dengan masa bhakti terlama bersama Manchester United sejak era Sir Alex Ferguson.

Jakarta - Manchester United menjadi satu di antara klub terbesar di dunia. Jejak awal Manchester United berada di tahun 1878 sebagai Newton Heath LYR, lalu berubah menjadi nama seperti sekarang pada 1902.

Baca Juga

  • Pasangan Favorit Wayne Rooney di Manchester United
  • Manchester United dan 4 Klub yang Mengalami Kecelakaan Pesawat
  • Rooney: Sanchez Jadi Senjata Sempurna Manchester United

Sejak mengubah nama pada 1902, Manchester United tampil sebagai klub yang memiliki sederet bintang kelas dunia. Nama-nama tenar datang dan pergi dari Old Trafford, termasuk pada era Sir Alex Ferguson.

Saat ini Manchester United mengoleksi 20 gelar juara Premier League, 12 trofi juara Piala FA, 5 trofi dari Piala Liga Inggris dan 21 kali juara Community Shield. Tak heran sederet gelar tersebut membuat Manchester United tercatat sebagai tim paling sukses di Inggris.

Manchester United juga memiliki catatan di pentas Eropa. Mereka mendapat tiga trofi juara Liga Champions dan sekali juara Liga Europa. Jadi, tak terbantahkan lagi jika banyak bintang dunia yang pernah dan sedang membela tim berjuluk Setah Merah tersebut.

Nama-nama beken seperti Sir Bobby Charlton, George Best, Eric Cantona, Ryan Giggs, David Beckham, sampai Cristiano Ronaldo, pernah menjadi bagian dari perjalanan hidup Manchester United di era Sir Alex Ferguson.

Uniknya, nama-nama tersebut tak masuk dalam 'loyalitas ala Sir Alex'. Maklum, tak ada di antara mantan-mantan di atas yang memiliki rentang kerja lama. Usai era Sir Alex, saat Manchester United diambil-alih David Moyes, Louis van Gaal sampai Jose Mourinho, ada beberapa pemain yang memiliki lama pengabdian istimewa.

Mereka adalah para pemain yang memiliki masa pengabdian terbanyak dibanding pemain lain. Berikut ini 5 pemain yang punya masa tinggal terlama bersama Manchester United.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Michael Carrick

Bergabung: 31 Juli 2006

Masa kontrak sampai 30 Juni 2018

Lama pengabdian: 12 musim

Michael Carrick tercatat sebagai pemain dengan masa kerja paling lama. Selama 12 tahun, eks Tottenham Hotspur tersebut setia mengawal area tengah dan belakang Machester United. Carrick datang dari The Spurs dengan banderl 14 juta pounds. Kala itu, harga Carrick menjadikan sang pemain sebagai pemain ke-6 termahal Manchester United.

Selama 12 tahun lalu sampai sekarang, Carrick sudah melakoni 461 pertandingan bersama Manchester United. Carrick sudah mengangkat 18 trofi juara, termasuk 5 di pentas Premier League dan sekali piala Liga Champions.

3 dari 6 halaman

2. Antonio Valencia

Bergabung: 1 Juli 2009

Masa kontrak sampai 30 Juni 2019

Lama pengabdian: 9 tahun

Ia selau konsisten bekerja sebagai full-back Manchester United. Tipikal pekerja keras, dan musim ini menjadi satu di antara yang terbaik sepanjang kariernya di Old Trafford. Valencia nyaris bergabung dengan Real Madrid pada 2009, namun ia tak mengambil tawaran tersebut.

Setelah bergabung dengan Manchester United, Antonio Valencia terkenal sebagai satu di antara bek kanan terbaik di dunia. Selama bersama Manchester United, ia mengalami 316 pertandingan dan mengoleksi 9 trofi juara.

4 dari 6 halaman

3. Chris Smalling

Bergabung: 1 Juli 2010

Masa kontrak sampai 30 Juni 2019

Lama pengabdian: 8 tahun

Chris Smalling menarik perhatian manajemen Manchester United setelah tampil menawan bersama Fulham. Pada 2010, ia bergabung ke Old Trafford dengan nilai transfer yang dirahasiakan.

Awal bersama Setan Merah, Smalling bermain sebagai bek kanan. Namun, seiring faktor pengalaman dan kebutuhan tim, Smalling bergeser menjadi bek tengah, dan menjadi sebuah pilihan yang tepat.

Selama berkostum Manchester United, Smalling sudah mengoleksi 8 trofi juara, termasuk juara Premier League 2010-2011 dan 2012-2013.

5 dari 6 halaman

4. Phil Jones

Bergabung: 1 Juli 2011

Masa kontrak sampai 30 Juni 2009

Lama pengabdian: 7 tahun

Ia menjadi bagian dari belanja pemain Manchester United pada 2011. Sir Alex Ferguson mengambil Jones setelah terkesima berkat penampilan menawan bersama Blackburn Rovers sehingga rela merogoh kocek 16,8 juta pounds.

Bersama Eric Bailly dan Chris Smalling, Phil Jones menjadi bagian dari kekuatan lini belakang Manchester United. Jones mengoleksi nyaris 190 pertandingan dan mengangkat lima trofi juara, termasuk jawara Premiership 2012-2013.

6 dari 6 halaman

5. David De Gea

Bergabung: 1 Juli 2011

Masa kontrak sampai 30 Juni 2009

Lama pengabdian: 7 tahun

Sepanjang sejarah bersama Manchester United, Sir Alex Ferguson hanya dua kali absen alias tak mendampingi anak asuhnya. Pertama, saat pernikahan sang putra. Kedua, saat memburu David De Gea.

Sir Alex Ferguson harus turun tangan, setelah pada saat itu, De Gea mulai menjadi perhatian Eropa dan dunia usai tampil menawan bersama Atletico Madrid. Sebenarnya Manchester United sudah punya Edwin van der Sar, namun usianya berada di zona senja.

Walhasil, De Gea menjadi alternatif utama sebagai pengganti. Setelah bekerja keras, Sir Alex berhasil menggaet De Gea. Kini, De Gea sudah merasakan 300 partai berkostum Manchester United.

Sumber: Mirror

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini