Sukses

Polisi Italia Cari 278 Pemakai Produk Palsu Rossi

Banyak yang memakai produk merchandise palsu milik Valentino Rossi di Italia.

Liputan6.com, Roma - Penggemar Valentino Rossi memiliki identitasnya setiap kali gelaran MotoGP digelar. Tak sulit untuk menemukan keberadaan mereka, sebab ribuan fans The Doctor tidak pernah ketinggalan untuk membawa atribut berwarna kuning.

Jadi, kalau menemukan tribun penonton penuh dengan atribut berwarna kuning, itu merupakan penggemar Rossi. Namun, apakah mereka membeli barang tersebut secara resmi atau ilegal?

Pasalnya, belum lama ini polisi Italia berhasil membongkar tindak kejahatan pemalsu barang di sebuah pabrik yang memproduksi dan menjual produk merchandise Rossi secara ilegal.

Pemalsu produk Rossi ini berhasil diungkap polisi di sebuah pabrik yang terletak di Bolzaneto, Genoa, Italia. Dari laporan Motorpasionmoto, Kamis (8/2/2018), terdapat 14 ribu item yang dipalsukan. Tidak hanya produk palsu berlabel Rossi, ada juga produk lain yang dipalsukan di pabrik ini, seperti perlengkapan dan pernak-pernik Ferrari.

Selain menemukan barang bukti. Polisi juga menyita alat-alat produksi, komputer, dan sejumlah dokumen pengiriman barang dengan menggunakan kapal laut ke berbagai negara, serta berkas tanda terima pembelian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Siapa Jadi Pemakai?

Fans Rossi berkerumun di depan paddock idola mereka (Liputan6.com/Defri Saefullah)

Modus kejahatan yang dilakukan dengan menjual barang palsu berupa topi, kemeja, dan beberapa item lain melalui situs jual beli. Akibat peristiwa ini, produsen bakal dikenai denda 5.000-50.000 euro serta hukuman penjara antara dua hingga enam tahun.

Tentu saja, tidak semua tanggung jawab akan berada di pihak produsen sekaligus penjual, karena pihak berwenang Italia telah mengidentifikasi 278 pelanggan yang sekarang bakal menghadapi konsekuensi terkait pembelian barang palsu tersebut.

Bagi mereka yang terbukti membeli barang palsu tersebut akan dikenai denda bervariasi mulai dari 100 euro hingga 7.000 euro.

3 dari 3 halaman

Harga Mahal

Merchandise Rossi Kuasai MotoGP Malaysia (Liputan6.com/Defri Saefullah)

Bagaimanapun, masalah pemalsuan akan terus berlanjut. Pemalsuan marak karena harga tinggi yang cenderung dimiliki oleh produk merchandise resmi. Ini merupakan hambatan bagi beberapa penggemar berkocek tipis untuk membelinya.

Dengan pengungkapan ini, penggemar akan lebih berhati-hati dalam menentukan pilihan untuk membeli merchandise Rossi.

Sementara bagi juara dunia tujuh kali di MotoGP, paling tidak, keberhasilan polisi Italia membongkar kasus pemalsuan ini membuatnya sedikit lebih tenang dalam menghadapi persaingan tidak sehat ini.

(David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.