Sukses

Persija Siapkan 2 Tim Lawan PSMS di Semifinal Piala Presiden

Konsentrasi Persija terbelah.

Liputan6.com, Jakarta Permintaan Persija Jakarta untuk memajukan jadwal semifinal Piala Presiden 2018 dituruti oleh Organizing Committee (OC) selaku panitia penyelenggara. Sebelumnya, agenda empat besar telah tersusun pada 10 dan 13 Februari 2018.

Babak semifinal bakal berlangsung dua leg. Karena kesulitan mencari homebase, Persija dan PSMS kompak menjadikan Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, untuk menjamu secara bergantian.

Usulan Persija yang menyarankan partai ini bergulir pada 10 dan 12 Februari diterima OC. Dengan alasan lantaran tim berjuluk Macan Kemayoran itu akan mengarungi Piala AFC 2018 melawan Johor Darul Ta’zim (JDT) pada 14 Februari.

Khusus untuk leg kedua, Persija juga meminta kick off lebih awal pada pukul 14:30 WIB, tidak seperti biasanya yang terjadwal pada primetime siaran televisi, yaitu 19:30 WIB. Sebab, Macan Kemayoran harus mengejar penerbangan ke Malaysia via Jakarta terakhir pada 18:30 WIB via Bandara Adi Soemarmo, Solo.

Di leg kedua pula, Persija bakal membelah tim. Sebagian skuat utama Macan Kemyoran bakal bertolak ke Malaysia pada 11 Februari. Sisanya, tetap berada di Solo untuk menghadapi PSMS pada 12 Februari.

“Skemanya, pemain yang akan bermain starter di leg pertama berada di Solo. Kalau tidak full team, gengsi akan berkurang. Setelah itu, 5-6 pemain berangkat ke Malaysia lebih dulu bersama asisten pelatih,” ujar Direktur Utama Persija, Gede Widiade.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Melemah di Leg Kedua

Merujuk dari pernyataan Gede, Persija bakal mencuri gol sebanyak-banyaknya di pertandingan pertama. Lalu di leg kedua, Macan Kemayoran tinggal menerapkan strategi parkis bus untuk menahan gempuran PSMS.

Tapi, dengan lima hingga enam pemain absen, kekuatan Persija akan melemah. Jika boleh menebak, skuat inti Macan Kemayoran yang bakal absen di leg kedua di antaranya Andritany Ardhiyasa, Jaimerson Xavier, Sandi Darman Sute, Ramdani Lestaluhu, dan Marko Simic.

“Insha Allah, semoga semua fit. Bagaimana pelatih bisa merotasi supaya main maksimal keduanya. Karena persija hampir 90% merata, semoga tidak ada masalah rotasi apapun,” ungkap Gede.

3 dari 3 halaman

Terima Kasih untuk PSMS

Gede megutarakan rasa terima kasihnya untuk PSMS yang telah berbesar hati menerima penjadwalan ulang semifinal Piala Presiden. Pengusaha asal Surabaya ini berjanji bakal membalas budi kebaikan PSMS.

“Ada kebijaksanaan dari PSMS, saya terima kasih. Lain kali akan saya balas kebaikan mereka. Saya terima kasih keterbukaan OC, agar kami bisa berpartisipasi di dua turnamen ini,” tutup Gede.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.