Sukses

5 Rekor yang Diukir Pelatih Barcelona Sejauh Ini

Barcelona - Ernesto Valverde membuktikan layak menjadi suksesor Luis Enrique yang mundur dari kursi kepelatihan Barcelona pada awal musim 2017-2018. Sejumlah rekor mampu dicetaknya.

Publik awalnya skeptis dengan kapasitas Valverde setelah Barcelona takluk dari Real Madrid di Piala Super Spanyol, Agustus 2017. Namun, sang pelatih perlahan kembali membuat anak-anak asuhnya tampil impresif.

Berbagai hasil positif ditorehkan Barcelona di berbagai kompetisi musim ini. Sejumlah rekor pun tercipta berkat ramuan taktik sosok asal Spanyol tersebut. 

Satu di antaranya terukir ketika Barcelona menang 2-0 atas Valencia pada laga leg kedua semifinal Copa Del Rey, di Stadion Mestalla, Jumat (9/2/2018) dini hari WIB. Kemenangan itu membuat skuat Valverde menjadi tim pertama yang mampu melangkah ke final selama lima kali beruntun sepanjang sejarah.

Lionel Messi dan kawan-kawan mencapai partai puncak karena unggul agregat 3-0 atas sang lawan. Sebelumnya, Barcelona menang 1-0 ketika bersua Valencia dalam pertemuan pertama, di Stadion Camp Nou, 1 Februari 2018.

Keberhasilan Barcelona melenggang ke partai puncak berkat andil gol Philippe Coutinho pada menit ke-49 dan melalui bola hasil sontekan Ivan Rakitic (82').

Sejak musim 2013-2014, Barcelona selalu melaju ke final Copa Del Rey. Mereka pun keluar sebagai juara karena memenangi tiga dari empat partai puncak.

Real Madrid merupakan satu-satunya tim yang menodai pencapaian apik Barcelona di final Copa Del Rey. Skuat Catalan harus merelakan trofi Copa Del Rey karena takluk 1-2 dari sang rival abadi, di Stadion Mestalla, 16 April 2014.

Akan tetapi, Barcelona tidak hanya kali ini saja mencatatkan rekor. Sepanjang musim ini, mereka setidaknya telah mengukir empat sejarah lain. Berikut adalah ulasannya:

1 dari 5 halaman

Lewati Rekor Pep Guardiola

Barcelona arahan Valverde semakin tidak terbendung sepanjang musim ini. Kemenangan 1-1 melawan Espanyol paga laga lanjutan La Liga, di Stadion RCDE, 4 Februari 2018, membuat sang pelatih sukses memecahkan rekor Pep Guardiola.

Valverde telah menjalani 22 laga di La Liga tanpa sekali pun menuai kekalahan. Pencapaian itu melewati rekor yang dibukukan Pep Guardiola ketika menangani Barcelona musim 2009-2010. Dalam periode itu, skuat arahan Pep mencatatkan total 21 laga tanpa bisa ditaklukkan oleh lawan-lawannya.

 

2 dari 5 halaman

Rekor Transfer Pemain

Barcelona kalang kabut ketika Neymar hengkang ke Paris Saint-Germain (PSG) dengan nilai transfer 222 juta euro (Rp 3,71 triliun), Agustus 2017. Kepergian sang bintang membuat manajemen Barcelona bergerak mencari sosok pengganti.

Ousmane Dembele pun terpilih menjadi suksesor Neymar di Barcelona. Manajemen klub harus merogoh kocek sekitar 105 juta euro (Rp 1,75 triliun) untuk mendatangkan penyerang sayap 20 tahun tersebut.

Saga transfer Dembele membuatnya memecahkan rekor sebagai pembelian termahal Barcelona sepanjang sejarah. Sebelumnya, Neymar adalah pemegang rekor itu ketika diboyong dari Santos senilai 80 juta euro (Rp 1,33 triliun).

Akan tetapi, Dembele setidaknya hanya lima bulan berstatus pemain termahal Barcelona. Per 6 Januari 2018, Philippe Coutinho memecahkan rekor transfer itu ketika tim Catalan meresmikan transfer sang pemain senilai 120 juta euro (Rp 2,01 triliun).

3 dari 5 halaman

Rekor di Santiago Bernabeu

Barcelona menyukur Real Madrid dengan skor 3-0 pada laga lanjutan La Liga bertajuk El Clasico, di Stadion Santiago Bernabeu, 23 Desember 2017. Tidak hanya mengukuhkan posisi di klasemen sementara, hasil positif tersebut juga membuat skuat Valverde masuk buku sejarah.

Untuk kali pertama sepanjang sejarah La Liga, Barcelona berhasil memenangi tiga laga El Clasico secara beruntun di Santiago Bernabeu. Selain itu, Messi pun mempertajam catatan sebagai pemain tersubur ketika bersua Real Madrid dalam pentas La Liga dengan torehan 17 gol.

 

4 dari 5 halaman

Rekor 1000 laga tanpa kebobolan

Momen historis terukir setelah Barcelona menang 3-0 atas Las Palmas pada laga pekan ketujuh La Liga, di Stadion Camp Nou, 1 Oktober 2017. Dalam pertandingan itu, tim tuan rumah mencetak rekor sebagai tim pertama yang menorehkan clean sheet dalam 1000 laga di kompetisi tersebut.

Ketika rekor itu tercipta, tidak ada satupun klub Spanyol yang mampu mendulang 1000 laga di La Liga tanpa kebobolan. Real Madrid adalah satu-satunya tim yang paling mendekati rekor tersebut, mengingat telah mengemas 930 pertandingan tanpa sekali pun memungut bola dari gawangnya.

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Sumber: bola.com

Helm Buatan Indonesia dipakai di Balapan MotoGP

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Selain Legenda Inter Milan, Ini 5 Kolektor Hattrick Serie A
Artikel Selanjutnya
Top 10 Berita Bola: Real Madrid Incar De Gea Lagi