Sukses

Prediksi PSMS Medan Vs Persija Jakarta: Tak Sekadar Menang

PSMS baru memenangkan 11 pertandingan saja melawan Persija.

Liputan6.com, Jakarta Partai klasik akan tersaji dalam semifinal Piala Presiden 2018 leg pertama antara PSMS Medan menghadapi Persija Jakarta di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (10/2/2018). Laga ini bukan sekadar menang bagi kedua tim, melainkan ada gengsi yang dipertaruhkan.

Menatap laga ini, PSMS Medan terus melanjutkan efek kejutnya. Mereka berhasil lolos ke semifinal setelah menundukkan Persebaya Surabaya melalui drama adu penalti.

Kontra Persija, jelas bukan cuma kemenangan yang dicari Ayam Kinantan, melainkan gengsi. Sebab faktanya, dalam 50 kali pertemuan sejak era perserikatan, PSMS baru memenangkan 11 pertandingan saja melawan Persija.

Kondisi ini jelas akan jadi motivasi tersendiri buat pasukan Djadjang Nurdjaman. Terlebih, Djanur, sapaan akrab sang pelatih, punya rekor yang baik ketika memimpin anak asuhnya di Solo.

Pelatih asal Majalengka itu belum pernah menelan kekalahan ketika timnya main di Solo. Saat tukangi Persib, di Inter Island Cup 2014, dia mencatat satu kemenangan dan dua kali imbang. Sedang pada ISC 2016 lalu, Persib bersamanya juga bermain imbang melawan Persija.

Terlebih, mereka punya penjaga gawang yang mencuri perhatian, yakni Abdul Rohim. Sang kiper sendiri sebelumnya jadi pahlawan PSMS Medan usai sukses menghentikan empat eksekusi penalti pemain Persebaya Surabaya yang menjadikannya sebagai kiper terbanyak melakukan save penalti d Piala Presiden 2018.

"Pertandingan ini berat, level persija di atas kami dan kami dalam pertandingan nanti dianggap sebagai underdog, Namun, kami sudah siap dalam laga nanti dengan materi pemain yang cukup," ungkap Djanur sebelum pertandingan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Daya Ledak

Djanur memang sadar betul kalau Persija menyimpan daya ledak mengerikan. Sebab, pada perempat final kemarin, Macan Kemayoran menunjukkan kedigdayaannya dengan berhasil mengkandaskan 3-1 Mitra Kukar di tempat yang sama.

Jelas, kondisi ini wajib diteruskan oleh anak-anak dari Jakarta. Apalagi, Stadion Manahan boleh dibilang rumah kedua mereka dan nyaris dipastikan akan didatangi puluhan ribu The Jakmania.

Persija sendiri punya rekor bagus ketika melawan PSMS. Selain unggul dalam head to head, faktanya dalam empat pertemuan terakhir mereka tak pernah kalah dari Ayam Kinantan.

3 dari 5 halaman

Rekor

Bukan cuma Djanur yang punya rekor baik di Stadion Manahan, Persija pun demikian. Dalam sembilan laga di Solo, Persija sukses meraih lima kemenangan, tiga imbang, dan hanya sekali kalah. Dua kemenangan terakhir diraih saat lawan Mitra Kukar dan Persib Bandung di Liga 1 2017 lalu.

Macan Kemayoran juga punya daya ledak membahayakan, yakni Marko Simic. Dia saat ini sukses jadi top skorer dengan lima gol dan punya catatan statistik istimewa. Labbola mencatat, dia punya akurasi tembakan kaki kanan mematikan, yakni tiga shot on target, dan satu gol.

Secara total, Simic sukses mengemas sembilan gol buat Macan Kemayoran. Kesembilan golnya juga terbagi dalam tiga bagian tubuh, yakni dua melalui kepala, satu kaki kanan, dan empat kaki kiri.

"Kami akan melawan PSMS yang jelas akan berbahaya. Terbukti, mereka sudah berhasil lolos sampai semifinal. Tapi, kami juga sudah tahu letak kelemahan PSMS dan siap untuk laga nanti," papar Stefano Cugurra Teco.

4 dari 5 halaman

Fakta Pertandingan

- Baik PSMS maupun Persija sudah saling bersua sejak 1952 silam pada era perserikatan. Pertandingan digelar di Stadion Ikada, Jakarta, tepatnya 14 Desember 1952. Kala itu, Macan Kemayoran sukses kalahkan 4-0 Ayam Kinantan.

- Secara keseluruhan, kedua tim sudah 50 kali. Persija masih sedikit unggul dengan meraih 22 kemenangan, sedang PSMS 11 menang, dan 17 lainnya berakhir imbang.

- Persija sendiri punya catatan gol lumayan mengerikan. Mereka berhasil mengemas 10 gol dalam empat laga, alias 2,5 gol per pertandingannya.

- Sedang PSMS sudah memasukkan tujuh gol dalam empat pertandingan. Mereka catatkan 1,75 gol dalam setiap laganya.

- Kedua tim punya satu kemiripan dalam perjalanan ke semifinal. Baik PSMS maupun Persija sama-sama menelan kekalahan pada partai pamungkas fase grup.

 

Head to Head:

06/08/2008 PSMS Medan 0 - 2 Persija Jakarta (ISL)

30/05/2009 Persija Jakarta 1 - 1 PSMS Medan (ISL)

30/03/2012 PSMS Medan 3 - 3 Persija Jakarta (ISL)

14/04/2012 Persija Jakarta 1 - 0 PSMS Medan (ISL)

Lima Pertandingan Terakhir PSMS Medan

03/02/18 Persebaya 3 - 3 PSMS Medan (P)

26/01/18 Sriwijaya FC 2 – 0 PSMS Medan

21/01/18 PSMS Medan 2 – 0 Persib Bandung

16/01/18 PSM Makassar 1 – 2 PSMS Medan

28/11/17 PSMS Medan 2 – 3 Persebaya Surabaya

Lima Pertandingan Terakhir Persija Jakarta

04/02/2018 Persija Jakarta 3 - 1 Mitra Kukar

29/01/2018 Bali United 3 - 2 Persija Jakarta

24/01/2018 Borneo FC 0 - 2 Persija Jakarta

19/01/2018 Persija Jakarta 3 – 0 PSPS

16/01/2018 Kelantan 1 – 0 Persija Jakarta

5 dari 5 halaman

Perkiraan Susunan Pemain

Prakiraan Susunan Pemain:

PSMS Medan (3-4-3): Abdul Rohim; Jajang, M Roby, Reinaldo; Nugroho, Legimin Raharjo, Alwi Slamat, Amarzukih; Nainggolan, Sadney Urikhob, Frets Butuan.

Persija Jakarta (4-3-3): Andritany Ardhiyasa; Rezaldi Hehanusa, Ismed Sofyan, Jaimerson, Maman Abdul Rahman; Asri Akbar, Rohit Chand, Ramdani Lestaluhu; Marko Simic, Rudy Widodo, Riko Simanjuntak.(Eka Setiawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.