Sukses

Komisi Keamanan MotoGP Potong Waktu Putaran di 6 Sirkuit

Kebijakan dari MotoGP untuk mengurangi peluang kecelakaan.

Liputan6.com, Roma - Komisi Keamanan MotoGP telah mengeluarkan aturan baru terkait gelaran MotoGP tahun ini. Ini mengenai waktu putaran yang bakal dipersingkat.

Sebenarnya total putaran setiap grand prix pada akhirnya sama. Tapi, jika sirkuit yang memiliki panjang lebih pendek, maka balapan akan terdiri lebih dari banyak putaran.

Melihat hal ini Komisi Keamanan MotoGP sepakat bahwa lap lebih banyak dapat menyebabkan masalah keselamatan. Karena itu, pihaknya menggelar pertemuan untuk membahas masalah ini.

Pertemuan tersebut menghasilkan sejumlah aturan baru, dan menurut laporan terbaru yang dikutip Marca, Sabtu (10/2/2018), ada enam sirkuit yang bakal dipersingkat waktu putarannya. Ini berlaku untuk tiga kelas berbeda yakni Moto3, Moto2, dan MotoGP.

Enam sirkuit yang bakal dipersingkat yakni Le Mans, Barcelona, Brno, Misano, Jerez, dan Valencia. Tapi, tidak semua waktu putarannya sama. Sedangkan kelas lainnya juga akan terpengaruh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Moto2 dan Moto3 Juga Dipangkas

Sebanyak 9 sirkuit bakal mengalami potongan waktu putaran di kelas Moto2. Sedangkan di kelas Moto3 ada tujuh balapan.

Berikut Perubahan Waktu Putaran di Kelas MotoGP 2018:

Jerez 25 lap

Le Mans 27 lap

Barcelona 24 lap

Brno 21 lap

Misano 27 lap

Valencia 27 lap

(David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini