Sukses

Randy Mamola Segera Jadi Legenda MotoGP

Menariknya ia belum pernah juara MotoGP.

Liputan6.com, Austin - Daftar legenda balap motor pada tahun ini akan bertambah. Randy Mamola dikabarkan bakal bergabung dalam daftar Hall of Fame oleh Dorna Sports selaku operator MotoGP di Austin, pada 22 April mendatang.

Kontribusi Mamola dalam memajukan MotoGP sudah tak perlu diragukan lagi. Pembalap asal California itu telah menghabiskan seluruh kariernya di kelas 500 cc.

Selama 13 tahun menjadi pembalap, Mamola mengemas 13 kemenangan dan naik podium sebanyak 57 kali. Sayangnya, penampilannya yang agresif gagal mengantarkannya merebut juara dunia sekali pun.

Kendati belum pernah memenangkan juara dunia, Mamola setidaknya berhasil menempati posisi runner up sebanyak empat kali. Setelah pensiun dari dunia balap motor pada 1992, dia tetap berada di paddock.

Melihat kontribusi yang besar itulah Dorna Sports bakal memberikan label legenda kepada Mamola.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komentar Mamola

"Saya tidak mengharapkannya, tapi itu adalah kejutan yang menyenangkan untuk memulai hari saya ketika saya menerima telepon! Ketika saya memberi tahu istri dan anak saya, seperti yang bisa Anda bayangkan, itu adalah ucapan selamat yang besar tapi kemudian 'Oh tidak!" kata Mamola seperti dikutip GPone.

"Sekarang mereka harus hidup dengan legenda! MotoGP adalah hidup saya dan saya sudah berada di lintasan selama 39 tahun. Ini merupakan suatu kehormatan dan sebuah kehormatan bagi saya untuk dimasukkan ke dalam kelompok pengendara tingkat tinggi."

Pelantikan itu akan dilangsungkan di Texas atau tepat sebelum MotoGP Austin berlangsung. Mamola mengaku senang dilantik di Amerika Serikat, karena dia bisa merayakan kebahagiaan ini bersama keluarga dan teman.

3 dari 3 halaman

Legenda Lain

"Saya berharap sebagai legenda pertama yang belum pernah menjadi juara dunia masih bisa memberikan kontribusi besar untuk membangun kejuaraan lebih baik. Anda adalah duta besar apakah itu label yang Anda miliki atau tidak, tapi ini merupakan suatu kehormatan."

Nantinya, Mamola akan bergabung dengan sederet nama yang sudah lebih dulu menerima label sebagai legenda. Mereka adalah Roberts Jr, Giacomo Agostini, Mick Doohan, Geoff Duke, Wayne Gardner, Mike Hailwood, Daijiro Kato, Eddie Lawson, Anton Mang, Angel Nieto, Wayne Rainey, Phil Read, Jim Redman, Jarno Saarinen, Kevin Schwantz, Barry Sheene, Marco Simoncelli, Freddie Spencer, Casey Stoner, John Surtees, Carlo Ubbiali, Nicky Hayden, Alex Criville, Franco Uncini dan ayah Roberts Jr.

(David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.