Sukses

Kejuaraan Asia: Greysia / Apriyani Juga Kalah, Indonesia 0-2 Jepang

Pasangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu kalah dari pasangan Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi.

Alor Setar - Indonesia sementara tertinggal 0-2 dari Jepang setelah Greysia Polii/Apriyani Rahayu gagal menyumbangkan poin bagi tim putri Indonesia pada semifinal Kejuaraan Bulutangkis Asia Beregu 2018, di Alor Setar, Malaysia, Sabtu (10/2/2018). 

Greysia/Apriyani kalah dalam pertarungan ketat melawan ganda putri andalan Jepang, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi. Dalam laga yang berlangsung selama 1 jam 28 menit, Greysia/Apriyani kalah dengan skor 22-20, 19-21, 18-21. 

Pertandingan gim pertama berjalan sangat menarik. Kedua pasangan sama-sama tampil ngotot sehingga saling bergantian unggul dalam perolehan poin. 

Matsutomo/Takahashi sempat memimpin jauh 13-8 dan kemudian masih unggul 20-17. Namun, dalam fase krusial tersebut Greysia/Apriyani membuat kejutan. Mereka mendulang tiga poin beruntun sehingga kedudukan menjadi 20-20. Pada momen krusial itu Greysia/Apriyani mampu tampil apik sehingga memenangi gim pertama melalui setting dengan skor 22-20. 

Irama pertandingan pada gim kedua tak banyak berubah. Kedua pasangan lagi-lagi saling bergantian memimpin skor. Kali ini, Greysia/Apriyani sempat unggul 19-14. Namun, mereka gagal menjaga tekanan, sehingga ganda Jepang balik memimpin dan akhirnya menang dengan skor 21-19. 

Gim penentuan berjalan cukup panas. Matsutomo/Takahashi lebih banyak memegang kendali pertandingan. Greysia sempat mengajukan protes atas keputusan wasit pada skor 14-17, tapi ditolak. Setelah itu, mereka mampu mendulang empat angka beruntun hingga balik unggul 18-14. 

Sayangnya, keunggulan tersebut gagal dipertahankan. Matsutomo/Takahashi tampil trengginas menyudahi gim ketiga dengan skor 21-18. 

Setelah kekalahan Fitriani dan Greysia Polii/Apriyani Rahayu, Indonesia wajib memenangi gim ketiga untuk menjaga kans lolos ke final Kejuaraan Bulutangkis Asia Beregu 2018. Harapan tim putri Indonesia tertumpu pada tunggal kedua, Gregoria Mariska Tunjung yang akan meladeni Nozomi Okuhara. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.