Sukses

Urusan Poin, Napoli Terbaik Kedua di Eropa

Liputan6.com, Naples - Pemuncak klasemen Serie A, Napoli menjadi klub terbaik kedua di Eropa musim ini dalam hal torehan poin per pertandingan. Dari 24 laga yang sudah dimainkan, I Partenopei meraih 2,62 poin per laga di liga domestik.

Napoli saat ini sudah mengumpulkan 63 poin dari hasil 20 kemenangan dan tiga hasil imbang. Marek Hamsik dan kawan-kawan hanya kalah satu kali, yakni ketika menjamu Juventus (0-1) di San Paolo 1 Desember 2017 lalu.

Catatan ini membuat Napoli mengungguli Barcelona. Meski aman di puncak klasemen La Liga dengan 59 poin, nyatanya raksasa Spanyol itu meraih 2,57 poin per pertandingan.

Ini didapat usai mereka ditahan imbang 0-0 oleh tamunya, Getafe hari Minggu (11/2/2018). Keunggulan poin telak Barcelona lebih disebabkan oleh buruknya penampilan rival-rivalnya musim ini, seperti Real Madrid, yang baru mengumpulkan 42 poin dari 22 laga.

Napoli hanya kalah dari pemuncak klasemen Liga Inggris, Manchester City. Dengan 72 poin yang sudah terkumpul dalam 27 pertandingan, klub asuhan Pep Guardiola itu mencatatkan 2,67 poin per laga.

 

 

 

1 dari 3 halaman

Tangan Dingin Sarri

Semua pencapaian Napoli ini tidak terlepas dari tangan dingin sang pelatih, Maurizio Sarri. Di bawah asuhannya, I Partenopei menjelma tim yang disegani dalam perebutan gelar Scudetto dan selalu tampil di Liga Champions dalam tiga musim terakhir.

Tidak hanya konsisten meraih kemenangan, Sarri juga menghadirkan permainan sepak bola indah di kubu Napoli. Banyak pihak melontarkan pujian terhadap apa yang sudah dilakukannya untuk tim asal Kota Naples itu, tak terkecuali sosok-sosok yang berada di Juventus.

“Saya sungguh menyukai gaya bermain dan organisasi timnya Sarri. Mereka bermain bagus dalam menyerang. Mereka mencetak banyak gol dan mereka mampu meraih keuntungan karena tidak banyak membuat perubahan musim ini. Itu menyatukan tim mereka,” ujar penyerang Juventus, Mario Mandzukic kepada Sky.

2 dari 3 halaman

Sarri Diburu

Capaian yang ditunjukkan Sarri di Napoli pun tak ayal menyita perhatian banyak klub raksasa. Setelah Chelsea, Real Madrid dan Paris Saint-Germain (PSG) pun dikabarkan ikut memburu jasa pelatih 58 tahun itu.

Saat ini, kontrak Sarri bersama Napoli berlaku hingga Juni 2020. Dalam ikatan kontraknya, terdapat klausul yang mengizinkannya pergi ke klub lain musim panas mendatang, asal ada yang membayar 8 juta euro. Rencananya, Napoli akan melipatgandakan gaji Sarri untuk mempertahankannya. (Abul Muamar)

Artikel Selanjutnya
Selain Legenda Inter Milan, Ini 5 Kolektor Hattrick Serie A
Artikel Selanjutnya
Juventus dan Monaco Rebutan Wonderkid Berusia 16 Tahun