Sukses

4 Bintang Serie A yang Paling Sering Melepaskan Tembakan ke Gawang Lawan

Para pemain ini menjadi sorotan di Serie A.

Liputan6.com, Roma - Striker Lazio, Ciro Immobile sampai sejauh ini masih memimpin daftar pencetak gol terbanyak di Serie A. Penyerang Timnas Italia itu sudah mencetak 20 gol dalam 21 penampilan.

Koleksi golnya mengalahkan striker-striker top macam Mauro Icardi (18), Paulo Dybala (14), maupun Gonzalo Higuain (14).

Tak hanya itu, Immobile juga merupakan pemain yang paling sering terlibat dalam proses terciptanya gol, dengan catatan 28 kali. Ya, di luar 20 gol yang dicetaknya, ia juga menyumbang delapan assist bagi rekan-rekannya.

Torehan tersebut terbilang cukup efektif jika ditilik dari jumlah tembakan yang dilepaskannya. Tercatat, mantan penyerang Borussia Dortmund itu melesakkan 75 tembakan, di mana 38 di antaranya mengarah ke gawang.

Namun, dengan catatan itu, Immobile bukanlah pemain yang paling banyak melepaskan tembakan musim ini.

Lantas siapa saja? Berikut empat pemain Serie A yang paling sering melakukan tembakan musim ini yang dirangkum dari berbagai sumber.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Edin Dzeko (114 tembakan)

Striker AS Roma, Edin Dzeko memang baru mencetak 11 gol dalam 24 penampilan musim ini. Akan tetapi, soal urusan menembak, dia adalah rajanya. Penyerang Bosnia Herzegovina itu telah melepaskan 114 tembakan kurun waktu 2.070 menit bermain. Dan, 42 di antaranya mengarah tepat ke gawang.

Bukan musim ini saja Dzeko banyak melepaskan tembakan. Musim lalu, mantan striker Manchester City itu juga menjadi pemain yang paling banyak menembak, dengan catatan 178 tembakan dengan 80 di antaranya mengarah ke gawang.

Namun, tak seperti musim ini, tembakan-tembakan yang dilesakkan Dzeko musim lalu sukses menjadikannya top scorer Serie A dengan 29 gol.

Dengan statistik ini, tak heran jika AS Roma sangat bergantung pada Dzeko dalam hal membobol gawang lawan. Pada bursa transfer Januari lalu, I Giallorossi menolak melepasnya ke Chelsea meski sudah mendapat tawaran sebesar 35 juta euro.

3 dari 5 halaman

2. Lorenzo Insigne

Lorenzo Insigne membuktikan bahwa bukan hanya penyerang yang bisa sering melepaskan tembakan. Seorang winger seperti dirinya, yang sejatinya lebih ditugaskan untuk menyuplai umpan, juga bisa melakukannya.

Ya, pemain Timnas Italia itu telah melepaskan 103 tembakan dalam 23 pertandingan. 36 tembakannya mengarah ke gawang dan hanya lima yang berbuah gol.

Meski tak seproduktif musim lalu, di mana ia mencetak 18 gol dan 9 assist, Insigne tetap merupakan pemain penting bagi Napoli musim ini.

Hingga giornata ke-24, pemain berusia 26 tahun itu selalu diturunkan sebagai starter. Perannya sangat vital dalam skema permainan cantik ala Maurizio Sarri.

Insigne merupakan pemain asli binaan akademi Napoli. Sempat dipinjamkan ke Pescara di musim 2011/2012, posisinya kini tak tergantikan dalam skuat I Partenopei.

Dengan usia yang masih terbilang muda, Mertens optimis mampu melewati rekor gol Marek Hamsik (118 gol), yang baru-baru ini melampaui Diego Maradona (115 gol).

“Itu sungguh mengagumkan bisa melewati rekor gol Maradona sebagai seorang gelandang, bahkan jika Marek khawatir karena ada saya yang bisa melampauinya suatu saat,” ujar Insigne.

4 dari 5 halaman

3. Dries Mertens

Berikutnya masih dari Napoli, yakni Dries Mertens. Dalam urutan daftar top scorer sementara, penyerang Belgia itu memang masih berada di bawah Ciro Immobile, Mauro Icardi, dan Fabio Quagliarella. Akan tetapi, ia lebih unggul dalam jumlah tembakan dibanding tiga pesaingnya itu.

Dalam 24 penampilan dengan total 2.061 menit bermain, Mertens telah melesakkan 89 tembakan, dengan 35 di antaranya mengarah ke gawang. 15 gol tercipta dari seluruh upayanya itu.

Mertens menjadi salah satu sosok paling penting dalam skuat Napoli saat ini. Kehadirannya di dalam starting line-up I Partenopei selalu memberikan kelegaan bagi pelatihnya, Maurizio Sarri.

5 dari 5 halaman

4. Ivan Perisic

Winger Inter Milan, Ivan Perisic tidak mau ketinggalan dari Lorenzo Insigne. Tidak hanya rajin menyuplai umpan-umpan bagi Mauro Icardi, pemain Kroasia itu juga kerap melepaskan tembakan.

Dalam 24 penampilan, 84 tembakan dilesakkan Perisic, baik dari jarak jauh maupun dari dalam kotak penalti. Catatan itu menjadikannya pemain non-penyerang yang paling sering melepaskan tembakan, setelah Insigne.

Perisic masih tetap menjadi pemain andalan Inter Milan musim ini di bawah asuhan Luciano Spalletti. Setelah gagal hengkang ke Manchester United musim panas tahun lalu, ia pun lantas diperpanjang kontraknya hingga 2022. Sejauh ini, pemain berusia 28 tahun itu telah menyumbang tujuh gol serta enam assist untuk Inter Milan. (Abul Muamar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.