Sukses

Selain Simic, Ini 3 Sosok Kunci Sukses Persija Jakarta

Simic bukan satu-satunya pemain yang berperan dalam kesuksesan Persija Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Marko Simic memang menjadi pemain yang paling berkotribusi di balik kesuksesan Persija Jakarta tampil sebagai juara Piala Presiden 2018. Peran vitalnya pun diakui banyak pihak, tak hanya dari kubu Persija saja.

Simic adalah bukti transfer hebat yang dilakukan Persija Jakarta usai Liga 1 2017 berakhir. Pelatih Stefano 'Teco' Cugurra mendatangkannya untuk mengatasi krisis yang terjadi pada lini depan tim Macan Kemayoran.

Kebetulan, reputasi yang dimiliki pemain asal Kroasia itu sangat bagus. Jadi, tak heran ia langsung menjadi idola baru The Jakmania, julukan suporter Persija. Sejak membela Persija, sudah 14 gol yang dilesakkan Simic dalam tiga turnamen pramusim.

Hebatnya, 11 di antaranya tercipta saat Persija tampil di Piala Presiden 2018. Makin istimewa karena kontribusinya membawa Persija tampil sebagai juara. Selain menjadi top scorer, ia juga dinobatkan sebagai pemain terbaik.

Namun, Simic bukan satu-satunya pemain yang mengambil peran dalam kesuksesan Persija Jakarta. Setidaknya, ada beberapa pemain lagi yang juga layak mendapatkan kredit seperti Ismed Sofyan, Rezaldi Hehanusa, dan Jaimerson da Silva.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Ismed Sofyan

Ismed mungkin menjadi salah satu pemain Persija yang paling bahagia atas kesuksesan di Piala Presiden. Saat ini, ia menjadi pemain terlama yang mengenakan kostum Persija, yakni sejak 2003 hingga sekarang.

Bisa dibilang, Piala Presiden menjadi trofi paling bergengsi yang diraih Ismed selama membela Persija. Sebelumnya, mantan bek Persiraja Banda Aceh itu hanya memenangi Piala Emas Bang Yos dan Trofeo Persija.

Peran vital Ismed di Piala Presiden 2018 tak hanya bertugas sebagai kapten. Di usia 39 tahun, fisiknya masih terlihat luar biasa dengan mengambil peran sebagai bek kanan. Bahkan ia sempat menyumbang satu gol saat Persija menang 3-0 atas PSPS Riau di fase grup. Tak salah jika manajemen Persija tetap mempertahankannya untuk musim 2018.

3 dari 4 halaman

2. Rezaldi Hehanusa

Persija benar-benar beruntung menemukan pemain berbakat seperti Rezaldi. Kehebatannya kembali terlihat sepanjang Piala Presiden. Sebagai bek kiri, pemain berusia 22 tahun itu tahu saat yang tepat untuk membantu serangan dan bertahan dengan baik.

Ia juga memiliki kemampuan dalam mengirimkan umpan. Gol pertama Persija ke gawang Bali United pada final Piala Presiden juga berkat eksekusi tendangan bebas Rezaldi. Dan pemain yang biasa disapa Bule itu juga memiliki akurasi sepakan yang cukup bagus saat melakukan tendangan langsung.

Jadi, tak heran jika Rezaldi dinobatkan sebagai Pemain Muda Terbaik Piala Presiden 2018 dan berhak membawa pulang uang tunai Rp 100.000. Sebelumnya, Rezaldi juga didaulat sebagai Pemain Muda Terbaik Liga 1 2017.

4 dari 4 halaman

1. Jaimerson da Silva Xavier

Sukses Persija di Piala Presiden 2018 tak lepas dari solidnya lini belakang mereka. Bukan hanya karena peran Andritany Ardhiyasa sebagai seorang kiper, kontribusi Jaimerson juga layak diacungi jempol.

Keputusan Persija merekrutnya usai Liga 1 2017 berakhir benar-benar tepat. Kebetulan, Persija memang membutuhkan bek tengah baru seiring kepergian William Pacheco. Sebelum ke Persija, bek berusia 27 tahun itu bermain untuk klub Brasil, Santa Cruz.

Berkat kehadirannya, gawang Persija hanya kebobolan lima gol sepanjang Piala Presiden 2018. Bahkan, mantan pemain Figueirense itu juga ikut menyumbang dua gol buat Persija, yakni saat melawan PSMS pada leg pertama semifinal dan melawan Bali United di fase grup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.