Sukses

Ernesto Valverde Pilih Paulinho atau Penyerang Sayap?

Barcelona - Semenjak dilatih Ernesto Valverde, formasi Barcelona tidak lagi melulu 4-3-3. Kini, jelang laga kontra Chelsea, siapa pemain yang bakal menjadi pilihan Valverde?

Dalam beberapa musim terakhir, Barcelona selalu identik dengan skema 4-3-3. Akan tetapi, skema tersebut perlahan mulai memudar sejak kedatangan pelatih Ernesto Valverde.

Belakangan, Valverde sering menggunakan formasi 4-4-2 dengan menempatkan Lionel Messi dan Luis Suarez sebagai penyerang. Lantas, empat posisi gelandang ditugaskan kepada Andres Iniesta, Paulinho, Ivan Rakitic, dan Sergio Busquets.

Valverde diprediksi akan kembali memercayai Iniesta, Rakitic, dan Busquets sebagai gelandang. Sementara itu, Messi dan Suarez sudah pasti menempati pos penyerang.

Tinggal satu posisi lagi yang masih tanda tanya. Apakah Valverde akan kembali memainkan gelandang atau justru memberikan kesempatan tampil kepada Ousmane Dembele sebagai pendamping Messi-Suarez?

Berikut ini adalah beberapa pemain yang berpeluang tampil sebagai "gelandang keempat" Barcelona:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Paulinho

Pada awal kedatangannya, Paulinho tidak diplot sebagai pemain utama. Paulinho diprediksi akan sulit menggeser trio Iniesta, Rakitic, dan Busquets.

Namun, Paulinho perlahan mampu menepis keraguan berbagai pihak. Berperan sebagai gelandang box-to-box, Paulinho tampil cemerlang bersama Barcelona pada musim pertamanya.

Paulinho sudah mencetak delapan gol dari 34 pertandingan Barcelona di berbagai ajang. Jumlah tersebut lebih banyak ketimbang semua gelandang yang dimiliki Barcelona pada saat ini.

Pemain asal Brasil itu berkesempatan besar menjadi "gelandang keempat" pada laga kontra Chelsea. Andai Paulinho bermain, maka Iniesta bisa ditugaskan sebagai gelandang serang yang beroperasi di sektor kiri penyerangan.

3 dari 5 halaman

Andre Gomes

Andre Gomes mulai kehilangan tempat sebagai pemain inti Barcelona. Pada musim ini, Valverde hanya menjadikan Andre Gomes sebagai gelandang pelapis.

Pemain asal Portugal itu baru bermain dalam 22 pertandingan Barcelona di berbagai ajang. Jumlah tersebut masih jauh dari catatannya saat tampil 47 kali pada musim lalu.

Kehadiran Paulinho juga menjadi satu di antara faktor yang membuat Andre Gomes tersisih. Ditambah, pemain berusia 24 tahun itu belum sekalipun mencetak gol untuk Barcelona pada musim ini.

Namun, ada peluang Andre Gomes bermain sebagai pendamping Iniesta, Rakitic, dan Busquets. Bila Valverde butuh ketenangan para pemain di barisan tengah, Andre Gomes bisa lebih dipilih ketimbang Paulinho.

4 dari 5 halaman

Ousmane Dembele

Ousmane Dembele diplot sebagai pengganti Neymar yang pergi pada musim panas lalu. Namun, pemain asal Prancis itu lebih banyak cedera daripada bermain untuk Barcelona.

Dembele belum bisa menunjukkan penampilan konsisten. Dembele belum mencetak satu gol pun dari delapan laga yang sudah dijalani sepanjang musim ini bergulir.

Peluang Dembele tampil sebagai pemain inti melawan Chelsea cukup tipis. Sebab, Valverde berupaya memberikan keseimbangan tim demi meladeni lini tengah Chelsea.

Pilihan memainkan Dembele cukup riskan karena hanya menyisakan tiga gelandang tengah. Namun, Dembele bisa saja bermain sebagai pemain pengganti bila Barcelona membutuhkan variasi serangan pada babak kedua laga nanti.

5 dari 5 halaman

Aleix Vidal

Memiliki Aleix Vidal merupakan keuntungan bagi Barcelona. Mantan pemain Sevilla itu mempunyai kemampuan bermain di berbagai posisi wilayah kanan.

Vidal bisa ditempatkan sebagai bek kanan, sama seperti Sergi Roberto dan Nelson Semedo. Lantas, Vidal juga mampu bermain sebagai penyerang ataupun sayap kanan.

Bila bermain sebagai sayap kanan, Vidal bisa menggeser posisi Rakitic lebih ke dalam. Sementara itu, Iniesta bisa menjadi gelandang sayap kiri.

Pilihan memainkan Vidal sebagai penyerang kanan juga cukup terbuka. Namun, kesempatan itu bisa hadir jika Barcelona membutuhkan variasi pemain yang bisa menyerang dan bertahan sama baiknya.

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa dengan kualitas HD di sini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.