Sukses

Usai Dua Tes Pramusim, Tiga Pembalap Ini Tampil Mengejutkan

Tiga pembalap ini melebihi ekspektasi pada tes pramusim MotoGP 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Para pembalap telah mengikuti dua edisi tes pramusim MotoGP 2018. Nama-nama yang berada di papan atas hasil catatan waktu di Sirkuit Sepang, Malaysia, dan Sirkuit Buriram, Thailand, tidaklah mengejutkan.

Pada tes pramusim MotoGP 2018 di Sepang, 28-30 Januari, pembalap Ducati, Jorge Lorenzo yang menempati posisi teratas. Pengoleksi tiga gelar juara dunia itu sukses mencatatkan waktu terbaik 1 menit 58,830 detik.

Pada tes pramusim MotoGP 2018 di Buriram, 16-18 Februari, giliran Dani Pedrosa yang berada di posisi puncak. Di Sepang, catatan waktu pembalap Repsol Honda itu juga menempati posisi kedua. Kali ini, ia juga sukses mengungguli rekan setimnya, Marc Marquez.

Pedrosa sukses mencatatkan waktu terbaik 1 menit 29,781 detik, unggul 0,085 atas pembalap Yamaha Tech 3, Johann Zarco dan 0,188 detik atas Marquez. Namun, jika dibandingkan dengan Lorenzo dan Marquez, rapor tiga pembalap ini jauh lebih mengejutkan.

Bukan karena berada di papan atas, tapi lebih kepada progres yang diperlihatkan hingga tes pramusim di Buriram. Berikut adalah rangkuman Liputan6.com soal siapa saja pembalap yang mencuri perhatian dalam tes pramusim.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Takaaki Nakagami

Hingga tes pramusim kedua MotoGP 2018, Nakagami bisa dibilang sebagai rookie dengan catatan terbaik. Padahal, ia menyandang status sebagai pembalap Jepang pertama yang bakal mengarungi semusim penuh MotoGP setelah Hiroshi Aoyama pada musim 2014.

Harapan yang ada di pundak Nakagami tentu sangat besar di musim depan. Apalagi ia akan menjadi pendamping pembalap sarat pengalaman seperti Crutchlow. Namun, pembalap berusia 25 tahun itu tak akan diberikan target dari LCR Honda sendiri.

Faktanya, Nakagami justru tampil mengejutkan. Bahkan, Crutchlow mengaku dirinya dan Marquez terkesima dengan penampilan Nakagami. Pada tes di Sepang, ia menjadi rookie dengan catatan waktu terbaik, yakni 2 menit 0,071 detik, terpaut 1,241 detik dari Jorge Lorenzo.

Pada tes pramusim di Buriram, progres mengesankan diperlihatkan Nakagami. Pada hari pertama, ia menempati urutan ke-17 dengan waktu 1 menit 31,692 detik. Hari kedua, ia duduk di posisi ke-15 dengan waktu 1 menit 30,901 detik.

Catatan waktunya kian melesat pada hari ketika. Ia menembus posisi kedelapan dengan waktu 1 menit 30,456 detik, hanya terpaut 0,675 detik dari Pedrosa. Berdasarkan hasil rekapitulasi sepanjang tes di Buriram, ia berhak menduduki posisi ke-10.

3 dari 4 halaman

2. Hafizh Syahrin

Syahrin baru saja menyelesaikan tes di Sirkuit Buriram dengan kepala tegak. Meski tak mampu bersaing di papan atas, setidaknya progres yang diperlihatkan pembalap berusia 23 tahun itu benar-benar jelas.

Pada hari pertama, pembalap asal Malaysia itu menempati urutan terbawah (ke-24) setelah mencatat waktu 1 menit 33,165 detik. Pada hari kedua, catatan waktunya bertambah bagus menjadi 1 menit 31,998 detik. Pada hari ketiga, waktunya juga lebih baik, yakni 1 menit 31,537 detik.

Dalam rekapitulasi hasil tes di Buriram, ia duduk di urutan ke-22 dengan catatan waktu terbaik pada hari ketiga. Ia terpaut 1,756 detik dari Pedrosa yang menempati posisi teratas.

"Saya tak mengharapkan hal itu, tapi kami membuat kemajuan yang baik selangkah demi selangkah. Pertama kali saya naik motor MotoGP dengan kecepatan 300 km/jam, itu mengesankan. Sekarang saya sudah terbiasa dengan itu," kata Syahrin.

4 dari 4 halaman

 3. Alex Rins

Tak akan ada yang meyangka pembalap Suzuki bisa menunjukkan kehebatannya dalam dua sesi tes pramusim MotoGP. Terlebih, pembalap Suzuki itu bukan Andrea Iannone, melainkan Rins.

Bagi Rins, musim 2018 memang ingin dijadikan sebagai ajang pembuktian. Pasalnya, ia sudah belajar banyak dari berbagai momen yang terjadi pada musim 2018. Berstatus rookie, Rins sempat lima kali absen karena cedera dan haris finis di urutan ke-16.

Potensi besar Rins sebenarnya sudah terlihat dalam beberapa balapan terakhir musim lalu. Saat itu, ada dua dari empat balapan terakhir di mana pembalap berusia 22 tahun itu mampu menembus lima besar. Bahkan, ia mengakhiri MotoGP Valencia dengan finis di urutan keempat.

Kali ini, tes pramusim MotoGP 2018 kembali memperlihatkan kehebatannya. Di Sepang, pembalap asal Spanyol itu menempati posisi keenam dengan catatan waktu 1 menit 59,348 detik, terpaut 0,518 detik dari Lorenzo.

Pada tes di Buriram, Rins kini menempati posisi kelima. Ia mencatatkan waktu 1 menit 30,604 detik, terpaut 0,397 detik dari Pedrosa. Karenanya, musim 2018 diprediksi bakal jadi ajang kebangkitan Rins.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.