Sukses

3 Alasan Chelsea Bisa Kalahkan Barcelona di Leg Kedua

Chelsea bermain imbang 1-1 melawan Barcelona dalam leg pertama Babak 16 Besar Liga Champions.

Liputan6.com, London - Chelsea bermain imbang 1-1 melawan Barcelona dalam leg pertama 16 Besar Liga Champions di Stamford Bridge, Rabu (21/2/2018) dini hari WIB. Hasil ini menaruh Barcelona dalam posisi unggulan pada leg kedua di Camp Nou, Kamis (15/3/2018) dini hari WIB.

Bagaimana tidak, Barcelona hanya membutuhkan hasil imbang tanpa gol untuk lolos ke 8 Besar. Di sisi lain, Chelsea harus menang atau bermain imbang dengan mencetak setidaknya dua gol.

Selain itu, kekuatan Barcelona juga bertambah menyusul dukungan penuh suporternya. Dalam lima pertandingan kandang terakhir, Barcelona meraih empat kemenangan dan satu hasil imbang.

Terlepas dari hal tersebut, Chelsea sejatinya masih punya kans lolos ke babak selanjutnya. Mengapa? Berikut tiga alasan peluang Chelsea lolos masih terbuka lebar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Performa di Leg Pertama

Barcelona boleh saja tampil dominan dalam leg pertama. Dari statistik whoscored, Barcelona mencatatkan 73 persen penguasaan bola, sedangkan Chelsea 26 persen.

Namun ada yang menarik dalam statistik pertandingan tersebut. Chelsea ternyata lebih agresif daripada Barcelona.

Pasukan Antonio Conte melesakkan 11 tembakan, berbanding tujuh tembakan milik Barcelona. Dari 11 tembakan tersebut, dua mengenai tiang, sedangkan satu tembakan berbuah gol.

Pemain Chelsea juga tercatat lebih banyak menggiring bola ketimbang Barcelona. Cesc Fabregas dan kawan-kawan membuat 67 persen dribel sukses, sementara Barcelona 47 persen.

Dari statistik tersebut, jelas terlihat Chelsea punya potensi membahayakan lini belakang Barcelona.

3 dari 4 halaman

2. Alumni La Masia

Cesc Fabregas dan Pedro Rodriguez tentu sangat paham atmosfer Camp Nou. Bagaimana tidak, mereka adalah alumni La Masia dan pernah bermain bagi Barcelona.

Dua pemain ini bisa menjadi modal berharga bagi Chelsea bermain menghadapi Barcelona di Nou Camp. Pengetahuan tentang seluk-beluk Barcelona bukan tidak mungkin dimanfaatkan Conte.

Fabregas misalnya, ia sudah menegaskan Chelsea tak akan bermain bertahan di Nou Camp. Menurut Fabregas, bermain bertahan sama saja dengan bunuh diri.

"Kami akan ke sana dan menampilan permainan menyerang lalu mencetak gol karena bertahan selama 90 menit di Camp Nou itu seperti misi 'bunuh diri," kata Fabregas.

4 dari 4 halaman

3. Statistik Berimbang

Para pendukung Chelsea kiranya tak perlu pesimistis menghadapi laga di Camp Nou. Itu karena statistik menunjukkan Chelsea bisa mengimbangi Barcelona di sana.

Dalam tiga lawatan terakhir ke Camp Nou, Chelsea selalu meraih hasil imbang. Chelsea pun berhasil mencetak gol di dua dari tiga laga tersebut.

Dalam kunjungan terakhirnya, Chelsea meraih hasil imbang 2-2. Itu terjadi di semifinal Liga Champions musim 2011/2012 di mana Chelsea akhirnya keluar sebagai juara.

Bukan tidak mungkin, Chelsea akan mengulangi hasil yang sama saat berkunjung ke sana bulan depan. Dengan racikan Conte, hasil tersebut bukan tidak mungkin untuk diraih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya tentang Chelsea FC yang memiliki julukan The Blues

    Chelsea

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona

  • Liga Champions merupakan kompetisi sepak bola antar klub di benua Eropa
    Liga Champions merupakan kompetisi sepak bola antar klub di benua Eropa

    Liga Champions