Sukses

Resmi Dikontrak Tech 3, Zarco Dukung Pembalap Malaysia

Liputan6.com, Buriram - Setelah Jonas Folger mengumumkan absen, Johann Zarco akhirnya resmi memiliki rekan setim pada MotoGP 2018. Yamaha Tech 3 telah mengumumkan Hafizh Syahrin sebagai pembalap mereka untuk semusim penuh.

Syahrin sendiri awalnya hanya ditunjuk Tech 3 untuk tampil pada tes pramusim MotoGP 2018 di Sirkuit Buriram, Thailand, 16-18 Februari. Ia adalah pembalap kelima yang telah menggantikan tugas Folger selama dirinya absen dalam empat balapan terakhir MotoGP 2017.

Sebelum Syahrin, pembalap yang menggantikan tugas Folger adalah Kohtan Nozane, Broc Parkes, Michael van der Mark, dan Yonny Hernandez. Keempat pembalap itu pun mendapatkan kesempatan di momen yang berbeda-beda.

Dari keempat pembalap itu, justru Syahrin yang mendapat kesempatan untuk tampil semusim penuh pada MotoGP 2018. Mengenai hal itu, Zarco mendukung penuh keputusan Tech 3. Ia menyebut pembalap Malaysia itu sebagai sosok yang masih bisa terus berkembang.

"Saya benar-benar bahagia untuknya. Saya harap kami bisa menjaganya untuk musim ini karena ia memiliki banyak kerendahan hati. Dan ia adalah pembalap yang sangat mulus di atas motor. Itu artinya ia punya ruang besar untuk berkembang dan menjadi lebih cepat," ujar Zarco, dikutip Crash.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Saran Zarco

Bagi Syahrin, bersaing di MotoGP adalah mimpi besar yang akhirnya terwujud. Maklum, ia sudah cukup lama memiliki ambisi untuk bersaing di kelas utama. Ia pun sudah puas mengenyam pengalaman di kelas Moto2, yakni sejak 2011-2017.

Namanya menjadi pusat perhatian saat merebut podium ketiga Moto2 Malaysia 2012. Dalam tiga musim terakhir, ia pun menjadi pembalap utama salah satu tim yang menggunakan sasis Kalex, Petronas Raceline Malaysia.

Rapornya semakin mengesankan di musim 2016. Itu karena ia sempat tiga kali mengamankan posisi keempat, yakni di Qatar, Catalan, dan Inggris. Musim lalu, ia meraih hasil yang jauh lebih mengesankan. Itu karena ia sukses menjadi runner-up pada seri Moto2 di San Marino. Sayang, ia harus mengakhiri musim dengan duduk di urutan ke-10 klasemen.

"Tak akan mudah, tapi dibandingkan yang lain, ia adalah orang yang paling punya banyak ruang untuk memperbaiki diri. Ia lebih muda dengan kerendahan hati yang lebih besar. Jadi ia siap untuk kesempatan ini," tegas Zarco.

3 dari 3 halaman

Daftar Pembalap di MotoGP 2018

Aprilia: Aleix Espargaro, Scott Redding

Ducati: Andrea Dovizioso, Jorge Lorenzo

Pramac Racing: Danilo Petrucci, Jack Miller

Avintia: Xavier Simeon, Esteve Rabat

Aspar: Karel Abraham, Alvaro Bautista

Marc VDS: Thomas Luthi, Franco Morbidelli

Repsol Honda: Dani Pedrosa, Marc Marquez

LCR Honda: Takaaki Nakagami, Cal Crutchlow

KTM: Bradley Smith, Pol Espargaro

Suzuki: Andrea Iannone, Alex Rins

Yamaha Tech 3: Johann Zarco, Hafizh Syahrin

Movistar Yamaha: Maverick Vinales, Valentino Rossi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.