Sukses

Rival Yamaha Turut Sesalkan Mundurnya Folger di MotoGP 2018

Jonas Folger mundur dari MotoGP 2018 karena terkena virus.

 

Liputan6.com, Buriram - Keputusan Jonas Folger pensiun dari ajang MotoGP tahun ini membuat banyak pihak terkejut, tak terkecuali tim Honda. Alberto Puig selaku bos baru dari produsen asal Jepang itu tetap menaruh rasa hormat kepada pembalap berpaspor Jerman, meskipun dia berada di Monster Yamaha Tech 3.

Kekaguman itu muncul setelah Puig melihat penampilan Folger di musim lalu. Saat itu, rekan setim Johann Zarco mampu memberikan perlawanan sengit, terutama ketika menjalani balalan di MotoGP Jerman.

Sebagai pembalap tuan rumah, Folger sukses menempati podium kedua dan itu merupakan prestasi yang tak bakal pernah dilupakan sepanjang kariernya. Keberhasilan itulah yang membuat Puig merasa kagum dengan penampilan pembalap Tech 3.

Sebagai pembalap muda dan bertalenta, Folger diyakini bisa meraih kesuksesan di MotoGP. Namun, virus membuat langkahnya untuk kembali bersinar terhenti musim ini.

"Saya sangat terkesan dengan penampilan Folger saat MotoGP Jerman, tahun lalu. Dia benar-benar tampil luar biasa di sana. Dia telah menunjukkan balapan yang bagus juga sebelumnya. Namun, tiba-tiba, pada hari itu, dia begitu memukau," kata Puig dikutip dari Speedweek, Jumat (23/2/2018).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sulitkan Marquez

Satu hal yang membuat Puig kagum ketika Folger menyulitkan Marc Marquez. Padahal, Marquez dikenal cukup kuat setiap kali main di MotoGP Jerman.

"Saya melihat langsung balapan itu dan berpikir, 'Astaga, itu luar biasa!' Dia bahkan telah membuat Marc Marquez tertekan, padahal dia menjadi pembalap yang selalu supercepat di Sachsenring. Penampilannya saat itu benar-benar mengesankan," ujarnya.

"Saya bahkan benar-benar terkejut saat melihat penampilannya. Saya adalah seorang pembalap, karena itu, saya sangat terkejut melihatnya."

3 dari 3 halaman

Diganti Syahrin

Sayangnya, di tengah lantunan doa banyak pihak, Folger membuat kabar mengejutkan yakni pensiun dari MotoGP lantaran kondisi kesehatannya belum pulih. Puig lantas berharap dia bisa segera kembali ke ajang balap motor bergengsi tahun depan.

Posisi Folger saat ini diisi Hafizh Syahrin. Pembalap asal Malaysia itu mendapatkan promosi dari Moto2 setelah tampil memuaskan di tes MotoGP Thailand.

(David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.