Sukses

Falcao Karamkan Villarreal

Satu kaki FC Porto tertancap di babak final. Di leg pertama fase semifinal yang berlangsung di Estadio do Dragao, lewat quat-trick Radamel Falcao, Dragons menghancurkan Villarreal 5-1 (0-1).

Liputan6.com, Porto: FC Porto membuktikan dirinya pantas jadi kandidat jawara UEFA Europa League di musim 2010-2011. Di leg pertama fase semifinal yang berlangsung di Estadio do Dragao, Kamis (28/4) malam waktu setempat atau Jumat (29/4) dinihari WIB, Dragons, julukan Porto, dengan meyakinkan menghancurkan perlawanan tamunya Villarreal dengan skor sangat telak 5-1 (0-1).

Striker Timnas Kolombia, Radamel Falcao Garcia menjadi bintang kemenangan Porto dengan torehan empat golnya alias quat-trick di menit ke-49, menit ke-66, menit ke-75, dan menit ke-90. Satu gol lainnya dicetak Fredy Guarin di menit ke-60. Sementar, gol semata wayang The Yellow Submarine dihasilkan lewat sundulan Cani satu menit jelang babak pertama berakhir.

Dengan hasil ini, di leg kedua yang akan berlangsung di Estadio El Madrigal, Kamis (5/4) pekan depan, Porto cukup bermain imbang atau kalah dengan marjin maksimal tiga gol untuk melangkahkan diri ke babak final sekaligus menciptakan All Portuguese Final yang akan digelar di Aviva Stadium, Dublin, Irlandia, 18 Mei mendatang.

Bermain di depan pendukungnya sendiri, skuad asuhan Andre Villas Boas langsung memeragakan sepakbola tempo tinggi begitu kick-off babak pertama dibunyikan wasit Bjorn Kuipers. Namun, justru tim tamu yang mendapat peluang emas pertama lewat Nilmar. Mendapat umpan dari Borja Valero, dalam posisi one on one Nilmar gagal menaklukkan kiper Helton.

Sejak itu Porto menguasai jalannya pertandingan. Namun, rapatnya lini pertahanan Villarreal yang dikoordinir Carlos Marchena membuat Falcao dkk gagal membuat peluang berarti di depan gawang Diego Lopez. Hanya satu peluang yang tercipta di menit ke-31 ketika tendangan Hulk dari luar kotak penalti tipis bergulir di kanan gawang Lopez. Bahkan, satu menit jelang turun minum Villarreal unggul 1-0 melalui sundulan Cani memanfaatkan umpan lambung Nilmar.

Tertinggal membuat Porto mengamuk di 45 menit kedua. Empat menit berlalu, Falcao dijatuhkan kiper Lopez. Wasit menunjuk titik putih. Eksekusi yang dilakukan Falcao mulus. Skor 1-1. Gol ini kian memicu semangat Porto. Sebaliknya, Giuseppe Rossi dkk mulai kehilangan keseimbangan. Walhasil, di menit ke-61, Porto unggul 2-1 melalui sundulan Guarin memanfaatkan bola rebound hasil tendangannya sendiri yang membentur tiang gawang.

Gempuran Porto kian menjadi-jadi. Enam menit kemudian, Falcao kembali mencetak gol menyusul sontekannya di depan gawang Lopez menyambar umpan matang dari Hulk. Skor 3-1 untuk Dragons. Pelatih Villarreal Juan Carlos Garrido mencoba peruntungan dengan memasukkan Marco Ruben dan Silvestre Varela.

Apa daya Porto memang tak dapat ditahan. Di menit ke-75, berawal dari tendangan bebas yang dilakukan Guarin, Falcao yang lolos dari jebakan off-side kembali menjebol gawang Lopez untuk kali ketiga lewat sundulannya. Skor 4-1. Villarreal kian frustasi. Meski telah unggul, Porto tak mengendorkan tekanannya. Tepat memasuki menit terakhir di waktu normal, heading Falcao meneruskan umpan lambung James Rodriguez kembali bersarang di gawang Villarreal. Gol ke-15 bagi Falcao di ajang Europa League. Skor 5-1 bagi Porto bertahan sampai peluit akhir berbunyi.(MEG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini