Sukses

MotoGP: Race Direction Bakal Evaluasi Uji Lintasan Basah Sirkuit Losail

MotoGP Qatar di Sirkuit Losail akan berlangsung pada 3 Maret 2018.

Liputan6.com, Losail - Direktur Balap MotoGP, Mike Webb, akan melakukan uji coba lintasan basah pada tes pramusim ketiga di Sirkuit Losail, Qatar pada 1-3 Maret mendatang. Pengujian itu semata-mata untuk mengetahui pentulan cahaya ketika balapan dalam kondisi hujan.

Nantinya, para pembalap MotoGP akan mencoba dan mereplikasikan pendapat mereka terkait lintasan basah di Sirkuit Losail. Jika pembalap menyampaikan bahwa pantulan lampu sorot sangat menyengat dan mengurangi penglihatan mereka, maka Race Direction sudah memiliki bukti pasti bahwa balapan basah tidak akan pernah terjadi saat balapan malam hari di Losail.

Uji coba ini dilakukan untuk mengantisipasi terulangnya peristiwa yang terjadi tahun lalu. Saat itu, sesi kualifikasi MotoGP terpaksa dibatalkan lantaran hujan deras mengguyur wilayah Losail.

Namun begitu, pada akhirnya Webb menyerahkan semua keputusan itu kepada pembalap. Dia hanya tidak ingin peristiwa tahun lalu terulang.

"Keputusannya kami harus mencari tahu apakah layak mengirimkan motor di lintasan basah di bawah lampu sorot atau tidak. Kami harus tahu dulu," ungkap Webb seperti dikutip dari Crash, Minggu (25/2/2018).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jarak Pandang

"Tes pramusim terakhir akan berlangsung dengan lintasan basah. Ini hanya tes jarak pandang dan ini bukan tentang pengaturan, melakukan waktu putaran, atau semacamnya," jelasnya.

Webb menerangkan, pembalap hanya diminta untuk mengetes jarak pandang dengan berkeliling lintasan dan melihat seperti apa visibilitasnya. Lalu, mereka akan bisa menilai apakah bisa melihatnya.

Lebih lanjut, Webb menambahkan jika pada akhirnya pembalap memutuskan ada masalah dalam penglihatan saat menjalani balapan basah. Maka Race Direction bakal memutuskan balapan di Losail tidak akan pernah terjadi dalam kondisi hujan.

3 dari 3 halaman

Agak Berbeda

"Tapi, jika jawabannya ya kami akan memutuskan apa rencana selanjutnya jika hujan turun di Grand Prix Qatar," papar Webb.

Balapan pembuka di Qatar pada pertengahan Maret mendatang agak berubah dari sebelumnya. Ini terkait jadwal balap MotoGP, Moto3, dan Moto2.

Untuk Moto3 dan Moto2, mereka akan memulai lebih dulu balapan dua jam sebelum kelas utama di mulai. Artinya, Valentino Rossi dkk akan tetap menjalani balapan pada malam hari. (David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.