Sukses

Rekor Falcao Iringi Langkah Porto

Ditandai rekor gol yang diukir Radamel Falcao, FC Porto melangkah ke babak final Europa League meskipun kalah 2-3 (1-1) dari Villarreal di leg kedua semifinal. Dragons unggul agregat 7-4.

Liputan6.com, Villarreal: Tidak ada keajaiban yang terjadi di Estadio El Madrigal. Meskipun berhasil meraih kemenangan 3-2 (1-1) dari FC Porto di leg kedua semifinal UEFA Europa League, Kamis (5/5) malam waktu setempat atau Jumat (6/5) dinihari WIB, Villarreal tetap tersingkir. Dragons, julukan Porto, berhak melaju ke babak final dengan keunggulan agregat 7-4 menyusul kemenangan telak 5-1 di leg pertama pekan lalu.

Demi memburu defisit empat gol, sejak kick-off babak pertama dibunyikan wasit Gianluca Rocchi (Italia), Villarreal yang menurunkan tiga striker sekaligus tampil super ofensif. Tekanan demi tekanan dilancarkan ke gawang Porto. Tercatat tiga kali kiper Helton beraksi demi menyelamatkan gawangnya.

Gempuran Giuseppe Rossi dkk baru membuahkan hasil di menit ke-17 melalui tembakan Cani yang memanfaatkan umpan yang disodorkan Marco Ruben. Villarreal kian bersemangat. Namun, Porto yang tak mau kecolongan balik menekan dan membuat jalannya pertandingan kian seru. Lima menit sebelum jeda gawang Diego Lopez jebol oleh tendangan keras Hulk yang sebelumnya membentur bek Mateo Mussachio. Skor 1-1 bertahan sampai turun minum.

Dua menit setelah babak kedua dimulai, harapan Villarreal dapat dibilang musnah. Porto justru berbalik unggul melalui tap-in Radamel Falcao meneruskan crossing Fredy Guarin. Gol ke-16 bagi Falcao di ajang Europa League melampaui rekor 15 gol milik Jurgen Klinsmann. Dengan tertinggal 1-2, berarti Villarreal harus mampu mencetak tambahan enam gol dalam waktu kurang dari 40 menit. Hal yang mustahil untuk dilakukan.

Meski demikian, The Yellow Submarine tak mau menyerah dan tetap ingin memberikan yang terbaik bagi para pendukungnya. Determinasi yang cukup mendapat apresiasi menyusul dua gol tambahan ke gawang Helton yang dicetak Joan Capdevilla di menit ke-75 dan eksekusi penalti Rossi lima menit kemudian. Skor 3-2 bagi Villarreal tetap bertahan sampai peluit akhir berbunyi.

Dengan hasil ini, di babak final yang akan berlangsung di Aviva Stadium, Dublin, Irlandia, 18 Mei mendatang, Porto akan berhadapan dengan pemenang partai semifinal lainnya antara Benfica dan Braga.(MEG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini