Sukses

5 Fakta Menarik Serie A 2017/18 Hingga Pekan ke-26

Turin - Beberapa catatan menarik tercipta di Serie A 2017-2018 setelah memasuki giornata 26. Ada lima di antaranya yang patut mendapat perhatian lebih.

Baca Juga

  • Lawan Atalanta, Juventus Masih Tanpa Higuain
  • 3 Pemain yang Bisa Selamatkan Keuangan AC Milan
  • 3 Pemain Klub Serie A yang Dibanderol Fantastis Musim Panas Ini

Persaingan pada Serie A musim ini berlangsung sengit. Peraih scudetto musim lalu, Juventus, sempat tampil inkonsisten pada awal musim.

Kondisi tersebut membuat Juventus hanya menempati peringkat kedua klasemen sementara. Namun, skuat asuhan Massimiliano Allegri mulai menemukan performa terbaik. Walhasil, Bianconeri menempel Napoli di posisi pertama.

Napoli menempati posisi teratas klasemen sementara musim ini berkat permainan konsisten sepanjang musim. Dries Mertens dkk hanya menelan satu kekalahan dari 26 pertandingan yang telah mereka jalani.

Sementara itu, Inter Milan yang tampil impresif pada awal musim justru mulai menurun sejak pergantian tahun. Pada sisi lain, AC Milan menemukan performa terbaik setelah Gennaro Gattuso mengambil alih kursi kepelatihan.

Lantas, apa saja catatan menarik Serie A 2017-2018 sejauh ini? Berikut ini adalah lima di antaranya:

Sumber: Berbagai sumber / www.bola.com

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Tiket Eropa

Pada gironata 26, perebutan scudetto mengerucut ke dua nama: Napoli dan Juventus. Keduanya bersaing sengit di puncak klasemen dengan selisih hanya empat poin, tetapi I Banconeri punya tabungan satu pertandingan.

Jarak Juventus dengan Lazio di peringkat ketiga cukup jauh, 13 poin. Sehingga skuat asuhan Simone Inzaghi sulit bersaing memperebutkan scudetto.

Saat ini, secara matematika delapan tim masih berpeluang tampil di kompetisi Eropa musim berikutnya. Fiorentina di peringkat ke-10 hanya berselisih sembilan poin dengan Sampdoria di posisi keenam, atau batas akhir zona Eropa.

 

3 dari 7 halaman

Napoli Koleksi Kemenangan Beruntun Terbanyak

Napoli bermain konsisten sepanjang musim 2017-2018 demi meraih scudetto pertamanya sejak 1990. Skuat asuhan Maurizzio Sarri baru menelan satu kekalahan sepanjang musim, paling sedikit di Serie A musim ini.

Selain itu, mereka mengoleksi 22 kemenangan. Napoli mencatat 10 di antaranya tercipta secara berturut-turut. Catatan itu membuat mereka mencetak rekor kemenangan terlama di Serie A musim ini.

 

4 dari 7 halaman

Juventus Kemenangan Terbesar

Juventus memiliki warna berbeda musim ini, yakni lebih bagus ketika menyerang. Mereka menjadi tim paling agresif kedua di Serie A dengan catatan 62 gol, hanya kalah dari Lazio yang mencetak 64 gol.

Skuat asuhan Massimiliano Allegri mencatatkan kemenangan terbesar di Serie A sejauh ini. Hal itu terjadi ketika mereka melumat Sassuolo 7-0.

Selain itu, mereka memegang pertandingan dengan skor terbanyak dalam satu pertandingan ketika melawat ke markas Udinese. Pertandingan itu berakhir dengan skor 6-2 untuk kemenangan La Vecchia Signora.

 

5 dari 7 halaman

Catatan Tak Terkalahkan Inter Milan

Napoli memegang rekor kemenangan beruntun terbanyak, tetapi Inter Milan yang menjadi tim tidak terkalahkan terlama. Skuat asuhan Luciano Spalletti tidak tersentuh kekalahan dalam 16 pertandingan.

Inter Milan menjadi kesebelasan kedua yang paling sering meraih hasil imbang, yakni 9, lima di antaranya tercipta secara beruntun.

La Beneamata memiliki ketergantungan terhadap kapten Mauro Icardi. Sepanjang musim ini, Inter Milan telah mencetak 42 gol di Serie A, 18 di antaranya tercipta dari Icardi. Artinya, 45 persen gol mereka berasal dari penyerang asal Argentina itu.

 

6 dari 7 halaman

Sensasi Ciro Immobile

Ciro Immobile menjadi pencetak gol terbanyak sementara Serie A dengan koleksi 23 gol. Immobile berpeluang mengulangi prestasi ketika menjadi Cappocaniare pada musim 2013-2014.

Selain itu, Immobile adalah pemain yang paling konsisten mencetak gol di Serie A. Penyerang berusia 28 tahun itu mencetak gol dalam tujuh pertandingan beruntun.

 

7 dari 7 halaman

8 Pemain Cetak Hattrick

Sejauh ini, ada delapan pemain yang berhasil menciptakan hattrick di Serie A musim init. Dari jumlah tersebut, hanya ada dua pemain yang lebih dari satu kali menciptakan hattrick, Paulo Dybala dan Ciro Immobile.

Berikut ini adalah daftar pencetak hattrick di Serie A musim ini:

  • Paulo Dybala (Juventus): vs Genoa (26/8/17), vs Sassuolo (10/9/17)
  • Ciro Immobile (Lazio): vs AC Milan (17/9/17), 4 gol vs SPAL (6/1/18)
  • Dries Mertens (Napoli): vs Benevento (17/9/17)
  • Mauro Icardi (Inter Milan): vs AC Milan (15/10/17)
  • Sami Khedira (Juventus): vs Udinese (22/10/17)
  • Ivan Perisic (Inter Milan): vs Chievo (3/12/17)
  • Fabio Quagliarella (Sampdoria): vs Fiorentina (21/1/2018)
  • Gonzalo Higuain (Juventus): vs Sassuolo (4/2/2018)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.