Sukses

Bekuk Persebaya, Arema FC ke Final Piala Gubernur Kaltim

Thiago dan Hanif menjadi pahlawan kemenangan Arema FC.

Liputan6.com, Samarinda - Semifinal Piala Gubernur Kaltim 2018 bertajuk derby Jawa Timur menjadi milik Arema FC. Melawan Persebaya Surabaya di Stadion Palaran, Samarinda, Jumat (2/3/2018), anak asuh Joko Susilo menang dua gol tanpa balas.

Berkat hasil itu, Arema FC menyegel tiket final. Mereka menunggu pemenang laga Borneo FC melawan Sriwijaya yang berlangsung di Stadion Segiri, Samarinda, malam ini.

Arema FC sedikit lebih mendominasi laga sampai pada menit kelima. Berbagai gempuran dilancarkan tim besutan Joko Susilo tersebut. Salah satunya adalah peluang yang didapat lewat tendangan bebas di menit kelima. Namun, kiper Persebaya Dimas Galih masih sigap membendung bola.

Sampai menit ke-10, Arema masih menjadi tim yang lebih banyak melancarkan serangan. Di menit ke-20, Arema mendapatkan peluang emas. Dendi Santoso berada di posisi bebas saat menerima operan. Sayang, meski melepaskan tendangan dari jarak dekat, sepakannya masih bisa ditepis kiper Kurniawan Kartika.

Delapan menit kemudian, giliran Persebaya Surabaya yang melancarkan serangan. Untungnya, peluang emas tim Bajul Ijo masih mampu diselamatkan kiper Arema, Kartika Ajie.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tekanan Persebaya

Persebaya kembali mendapatkan peluang di menit ke-32 lewat tendangan bebas. Ferinando Pahabol yang bertindak sebagai eksekutor sudah mengarahkan bola dengan tepat. Namun, Kartika Ajie masih tak kesulitan untuk mengamankan bola.

Semenit kemudian, Persebaya kembali menekan lini belakang Arema. Kali ini lewat umpan silang yang langsung disambut Osvaldo Haay dengan tandukan dari jarak dekat. Sialnya, lagi-lagi Kartika Ajie masih terlalu tangguh untuk diperdaya.

Di menit ke-35, Arema berbalik mengancam. Thiago Furtuoso melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Namun, arah bola masih jauh dari sasaran. Di menit ke-40, lagi-lagi Persebaya mendapatkan peluang lewat tendangan bebas. Meski kini Misbakus Solikin yang menjadi eksekutor, Persebaya masih belum bisa memecahkan kebuntuan.

Tiga menit kemudian, Thiago nyaris membawa Arema unggul. Ia melepaskan tendangan keras mendatar dari jarak sangat dekat. Untungnya, Alfonsius Kelvan yang menggantikan Dimas Galih di menit ke-30 masih sigap menepis bola. Skor 0-0 pun bertahan hingga babak pertama usai.

 

3 dari 3 halaman

Babak Kedua

Babak kedua baru dimulai, Persebaya langsung memberikan ancaman. Di menit ke-47, Ruben Sanadi melepaskan tembakan keras yang nyaris berbuah gol. Sayang, arah bola masih melenceng tipis di atas mistar gawang Arema.

Di menit ke-55, lagi-lagi tim besutan Alfredo Vera nyaris mengubah kedudukan. Lagi-lagi, Kartika Ajie tak kunjung bisa ditaklukkan. Di menit ke-66, justru Arema yang memecahkan kebuntuan.

Thiago menunjukkan kualitasnya dengan melewati satu pemain Persebaya sebelum memperdaya kiper Alfonsius. Skor pun berubah menjadi keunggulan 1-0 Arema. Kebobolan membuat Persebaya bermain lebih terbuka dan terus menekan pertahanan Arema. Namun, berulang kali pula Kartika Ajie melakukan penyelamatan gemilang.

Lucunya, Arema yang justru menggandakan keunggulan di menit ke-85. Hanif Sjahbandi sukses mengkonversi umpan Dendi dengan tandukan. Laga pun ditutup dengan kemenangan 2-0 Arema.

Susunan Pemain:

Persebaya (4-3-3): Dimas Galih; Abu Rizal, Otavio Dutra, Fandry Imbiri, Ruben Karel, Robertino Pugliara, Nelson Alom, Misbakus Solikin, Ferinando Pahabol, Rishadi Fauzi, Osvaldo Haay

Arema (3-5-2): Kurniawan Kartika; Artur Cunha, Hanif Sjahbandi, Bagas Adi, Hendro Siswanto, Ahmet Atayev, Dendi Santoso, Ricky Akbar, Dedik Setiawan, Thiago Furtuoso

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.