Sukses

5 Pencetak Gol Termuda di Liga Inggris

Berikut lima pemain termuda yang pernah bikin gol di Liga Inggris.

Liputan6.com, Jakarta Bek Liverpool, Trent Alexander-Arnold saat ini memegang pencetak gol termuda musim 2017-2018 di Liga Inggris saat masih berusia 19 tahun, 2 bulan, dan 19 hari. Namun nyatanya ada lima bintang lainnya yang mencetak gol dengan usia lebih muda dari Alexander-Arnold. 

Pemain The Reds itu mencetak gol pada 26 Desember 2016. Dia mengemas salah satu gol dalam kemenangan kandang 5 gol tak berbalas melawan Swansea City.

Dua tahun lalu, Ben Woodburn yang sukses mencetak gol pada usia muda di Piala Liga. Kala itu dia mengemas gol saat berusia 17 tahun, dan 45 hari. Itu menandakan kalau Jurgen Klopp memang lihai dalam mengoptimalkan pemain muda.

Bicara soal pencetak gol termuda di Liga Inggris, 5 pemain di bawah ini nyatanya sukses mencatatkan namanya di papan skor dengan usia belia. Siapa saja? Berikut daftarnya dikutip Sokka:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

5. Raheem Sterling

Liverpool akhirnya berhasil meraih poin penuh di kandang sendiri, Gol tunggal Raheem Sterling memberikan kemenangan pertama buat The Reds pada Liga Inggris musim 2012-2013.

The Reds memberinya kesempatan pertamanya di sepak bola saat melawan Reading. Kala itu, dia mengemas gol saat berusia 17 tahun dan 312 hari.

Saat ini, pemain 23 tahun itu tengah dalam performa istimewanya bersama Manchester City yang menakutkan di Liga Inggris. Dalam 25 laga, Sterling sukses mengemas 15 gol dan enam assist buat The Citizens.

3 dari 6 halaman

4. Michael Owen

Ben Woodburn dan Alexander-Arnold merupakan dua pencetak gol termuda yang pernah mencetak gol untuk Liverpool. Namun nyatanya ada yang lebih istimewa sebelumnya.

Dialah striker legendaris Michael Owen. Dia sukses mencetak gol pada usia 17 tahun 143 hari. Dia kemudian memenangkan penghargaan yang didambakan FIFA Ballon d'Or, pemain Inggris terakhir yang melakukannya.

Semasa kariernya, Owen juga bermain untuk Real Madrid dan Manchester United sebelum mengakhiri kariernya di Stoke City. Selama bela Liverpool, dia sukses meraih satu Piala FA, dua Piala Liga, 1 Piala UEFA, dan 1 Piala Super Eropa.

4 dari 6 halaman

3. Cesc Fabregas

Arsene Wenger memiliki sentuhan emas ketika melihat bakat seorang pemain pada masa lalu. Dia membuktikannya saat mengorbitkan Cesc Fabregas.

Dia datang dan menaklukkan. Tak butuh waktu lama untuknya mencetak gol pertama bagi The Gunners, yakni pada usia 17 tahun dan 113 hari.

Sejak saat itu, Fabregas sukses menaklukkan sepak bola Inggris baik bersama Arsenal maupun Chelsea. Namun, gelar Liga Inggris pertamanya justru datang di Chelsea pada 2014-15, dan meraihnya kembali 2016-17.

5 dari 6 halaman

2. Wayne Rooney

Pada bulan Oktober 2002 Wayne Rooney mengirimkan sinyal bahaya ke dunia sepak bola. Hal itu dimulai saat melawan Arsenal dengan membantu Everton lewat gol semata wayangnya di Goodison Park.

Golnya itu tercatat menjadi salah satu bagi pemain paling belia di Inggris. Kala itu, Wazza, julukannya, mengemas gol hanya dalam usia 16 tahun 360 hari.

Dia kemudian direkrut Manchester United dan sukses melukis sejarah. Dia telah memenangkan setiap gelar yang tersedia di level klub.

Tak hanya itu, Rooney juga telah memecahkan rekor gol Sir Bobby Charlton yang bertahan 50 tahun untuk Inggris. Musim panas lalu, ia kembali ke Goodison Park.

6 dari 6 halaman

1. James Milner

Milner menjadi pemain termuda dalam sejarah Liga Inggris pada 2002 lalu. Kala itu dia masih membela Leeds United dan memulai debutnya sebagai pemain senior di sana.

Lantas, Milner sukses mencetak gol profesional pertamanya saat membela Leeds melawan Sunderland. Kala itu, dia baru menginjak usia yang terbilang sangat muda, yaitu 16 tahun 356 hari. 

Sepanjang kariernya, Milner terbilang lumayan sukses di kompetisi domestik. Dia memenangi dua gelar Liga Inggris, satu Piala FA, bersama Manchester City. Lalu menjadi runner-up Liga Europa bersama Liverpool musim 2015-16.

Eka Setiawan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris