Sukses

Raih Piala Oscar, Kobe Bryant Tetap Dikritik

Legenda NBA Kobe Bryant masih menerima kritik meski berhasil meraih Piala Oscar 2018 kategori film animasi pendek terbaik berjudul Dear Basketball.

Los Angeles - Legenda NBA Kobe Bryant masih menerima kritik meski berhasil meraih Piala Oscar 2018 kategori film animasi pendek terbaik berjudul Dear Basketball.

Dalam perhelatan Academy Awards ke-90 di Dolby Theatre, Hollywood, Minggu (4/3/2018) waktu setempat, film Dear Basketball mengalahkan empat nomine lainnya, yakni Garden Party, Lou, Negative Space, dan Revolting Rhymes.

Bagi Kobe Bryant, ini merupakan prestasi yang membanggakan. Sebab, Kobe adalah pemain atau mantan pemain NBA pertama yang mampu merengkuh Piala Oscar.

"Saya merasa lebih baik daripada memenangkan kejuaraan, jujur saja kepada Anda, saya bersumpah akan melakukannya," ujar Kobe setelah meraih Piala Oscar.

Meski begitu, keberhasilan film yang diangkat dari puisi yang ditulis Kobe Bryant di The Player Tribune pada 2015 itu menuai kritikan. Hal tersebut tak lepas dari kasus pemerkosaan yang melibatkan Kobe pada 2003.

Seperti dilansir Washington Post, Kobe dituding memerkosa seorang remaja berusia 19 tahun di sebuah hotel di negara bagian Colorado. Mantan bintang Los Angeles Lakers itu pada akhirnya terbebas dari hukuman penjara, setelah mencapai kesepakatan dengan korban.

Kendati telah berlalu selama hampir 15 tahun, kasus tersebut ternyata masih diingat oleh publik. Kritikan pedas pun mengalir buat Kobe Bryant menyusul pencapaiannya di ajang Academy Awards ke-90.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Trending Topic di Twitter

Tagar MeToo dan Kobe sempat menjadi trending topic di Twitter. Tagar MeToo merupakan sebuah gerakan di media sosial untuk menghentikan kebisuan mengenai kekerasan seksual.

"Kobe Bryant bergabung dengan barisan pria yang telah memenangkan Oscar dan telah dituduh melakukan pemerkosaan," tulis akun @redsteeze.

Sementara itu, koresponden Entertainment Weekly, Dana Schwartz, melontarkan kritikan kepada penyelenggara Academy Awards ke-90 yang tetap memberi trofi kepada Kobe, meski pernah terlibat kasus pemerkosaan.

"Jadi kita semua hanya mengabaikan seluruh tuduhan pemerkosaan yang dilakukan Kobe, kurasa ya?" tulis Dana.

Di sisi lain, jurnalis vox.com, Caroline Framke, menuliskan kalimat sindiran buat Kobe Bryant. "Hollywood: WAKTU HABIS (TIME"S UP) Hollywood juga: Selamat kepada pemenang Oscar Kobe Bryant!!!" tulisnya.

Sumber: ESPN, Twitter, Washington Post

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.