Sukses

Kunjungi Pelatnas Asian Games, Menpora Minta Cabor Sediakan Fisioterapis

Menpora Imam Nahrawi melakukan kunjungan ke venue Asian Games 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengunjungi venue akuatik yang dipersiapkan untuk Asian Games 2018 Jakarta-Palembang pada Rabu (6/3/2018) pagi WIB. Di sana, pria berusia 44 tahun itu memantau para atlet cabang olahraga (cabor) akuatik yang tengah mengikuti pelatihan nasional (pelatnas).

Imam melihat persiapan cabor akuatik untuk Asian Games telah maksimal. Menteri asal Bangkalan, Madura ini optimistis cabor akuatik dapat mengungguli negara lain lantaran menjadi tuan rumah.

“Saya menengok, menemani, mendengar apa yang disampaikan atlet polo air dan senam air di cabor akuatik. Di beberapa kesempatan saya juga bertanya kepada manajer, pelatih, atlet, bagaimana kesiapan kita di pelatnas. Alhamdulillah mereka semakin optimistis dan yakin,” ujar Imam kepada wartawan di venue akuatik Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (6/3/2018).

Selain itu, Imam meminta setiap cabor yang bertanding di Asian Games dapat menyediakan fisioterapis yang selalu siap di penginapan. Pasalnya, kehadiran fisioterapis dapat mencegah atlet dari cedera.

“Kita berharap kepada Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI), apa saja kebutuhan mereka. Termasuk kebutuhan fisioterapis, harus stand by di tempat mereka menginap,” papar Imam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dukungan Pemerintah

Imam mengatakan, pemerintah mendukung penuh ketersediaan fasilitas maupun infrastruktur yang menunjang para atlet. Termasuk, meminta cabor untuk selalu menyediakan fisioterapis.

“Pemerintah mendukung itu, anggaran sudah disiapkan untuk fisioterapis,” kata Imam.

Imam meminta para atlet cabor akuatik untuk memaksimalkan keuntungan sebagai tuan rumah. Dukungan publik sendiri dapat menjadi motivasi tambahan untuk para atlet.

“Apalagi kita menjadi tuan rumah, dan lebih awal menikmati venu pertandingan. Ini kelebihan, negara lain belum merasakan dan berlatih di venue ini. Dukungan suporter juga pastinya. Saya memastikan uang saku dan akomodasi, serta kebutuhan lain,” ucap Imam.

3 dari 3 halaman

Songsong Asian Games

Cabor akuatik telah menggelar test event sebelum menyongsong pagelaran Asian Games 2018. Miniatur perhelatan multievent itu sudah bergulir pada 10-15 Desember 2017.

Sementara itu, Asian Games bakal berlangsung pada 18 Agustus - 2 September 2018. Cabor akuatik akan mempertandingkan empat nomor, yaitu loncat indah, polo air, renang, dan renang indah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.