Sukses

Piala AFC: Gasak Thanh Hoa, Bali United Buka Peluang Lolos

Bali United kini duduk di urutan kedua klasemen Grup G Piala AFC 2018.

Liputan6.com, Gianyar - Peluang bagi Bali United untuk lolos dari fase grup Piala AFC 2018 kini terbuka. Itu berkat kemenangan 3-1 atas FLC Thanh Hoa pada matchday ketiga Grup G di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Rabu (7/3/2018).

Berkat kemenangan itu, Bali United kini menduduki di urutan kedua klasemen Grup G Piala AFC di bawah Yangon United. Bali United sudah mengantongi empat poin dari tiga pertandingan di mana dua laga sebelumnya berakhir dengan hasil imbang dan kekalahan.

Belum genap berjalan dua menit, Thanh Hua sudah mengancam gawang Bali United. Kesalahan dari Ahn Byung-Gun hampir dikonversi Edward Ofere untuk menjadi gol. Untungnya, kiper Wawan Henderawan masih sigap mengamankan bola.

Hingga 10 menit pertama, Bali United masih lebih banyak menerima tekanan tim tamu. Mereka pun mencoba skema bola-bola panjang. Salah satunya yang dilakukan Nick Van der Velden. Namun, umpan jauh yang dimaksudnya untuk Ilija Spasojevic terlalu deras.

Petaka buat Bali United datang di menit ke-14. Wasit menunjuk titik putih setelah Demerson melanggar Ryutaro Karube di kotak terlarang. Beruntung, Wawan bisa menebak arah eksekusi Pape Omar Faye ke sisi kanan bawah gawangnya. Setelah Wawan, giliran tiang gawang yang menyelamatkan Serdadu Tridatu dari kebobolan. Thanh Hua mendapatkan peluang tersebut dari situasi sepak pojok di menit ke-20.

Empat menit kemudian, Bali United mendapatkan peluang lewat serangan balik. Sayang, sundulan Kevin Brands menyambut umpan Stefano Lilipaly masih melenceng dari sasaran.

Gawang Bali United akhirnya bergetar di menit ke-30. Adalah Karube yang menjadi momok Bali United usai tendangan bebasnya melesat ke pojok kiri gawang Wawan.

Di menit ke-35, Thanh Hua nyaris menggandakan keunggulan. Berawal dari akselerasi di siri kiri pertahanan Bali United, Vu Mihn Tuan menyentuh bola dengan tumitnya usai menerima umpan mendatar. Beruntung, bola hanya lewat di depan gawang Bali United.

Ofere kembali memberikan ancaman buat Bali United di menit ke-40. Beruntung bagi tuan rumah, upayanya berakhir dengan bola di pelukan Wawan. Keunggulan 1-0 Thanh Hoa pun bertahan hingga babak pertama rampung.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Jelang babak kedua dimulai, hanya Thanh Hoa yang pelakukan pergantian pemain. Pelatih Marian Cucchiaroni memasukkan Hoang Dinh Tung dan menarik keluar Minh Tuan. Di awal babak kedua, Bali United yang mengambil inisiatif serangan lebih dulu.

Berawal dari serangan balik cepat yang membuahkan sepak pojok, Van der Velden gagal memanfaatkan peluang meski bola jatuh di kakinya. Sepakannya masih bisa dibendung pemain Thanh Hoa.

Pelatih Widodo Cahyono Putro akhirnya juga melakukan pergantian. Brands ditarik di menit ke-57 untuk memberikan tempat kepada Yabes Roni. Pengamatan Widodo terbilang tepat karena Bali United minim serangan dari sisi sayap.

Lima menit kemudian, giliran Irfan Bachdim yang ditarik keluar. Miftahul Hamdi yang dimasukkan diharapkan bisa membuat permainan Bali United lebih kreatif. Pada akhirnya, perjuangan Bali United membuahkan hasil di menit ke-66.

Yabes yang baru masuk sukses mengkonversi umpan jauh Van der Velden dengan mengarahkan bola di antara kaki kiper Thanh Hoa, Tran Buu Ngoc. Skor pun berubah menjadi 1-1. Gol itu membuat Bali United semakin termotivasi. Sejak menit ke-69 hingga ke-71, rentetan serangan dilancarkan Bali United.

Puncaknya, mereka sukses membalikkan keadaan di menit ke-72. Demerson sukses mengkonversi sepak pojok Fadil Sauso lewat sundulan. Bahkan, dua menit kemudian Bali United memperbesar keunggulan.

Van der Velden kembali menunjukkan kebolehannya dalam melepaskan umpan jauh. Lilipaly yang lolos jebakan offside sukses mencungkil bola untuk mengecoh kiper Thanh Hoa. Itu menjadi gol terakhir yang tercipta di laga tersebut.

 

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain:

Bali United: Wawan Hendrawan; Demerson, Ahn Byung-Gun, Ricky Fajrin, I Made Andhika Wijaya, Fadil Sausu (M Taufiq 85), Nick Van der Velden, Kevin Brands (Yabes Roni 56), Stefano Lilipaly, Irfan Bachdim (Miftahul Hamdi 62), Ilija Spasojevic

Thanh Hua: Tran Buru Ngoc; Tran Dinh Dong, Nguyen Van Bakel (Mai Tien Thanh 72), Nguyen Trong Hoang (Le Van Thang 65), Ngo Hoang Thinh, Vu Xuan Cuong, Vu Minh Tuan (Hoang Dinh Tung 46), Ryutaro Karube, Edward Ofere, Pape Omar Faye

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.