Sukses

Ridwan Kamil Janjikan Investor untuk Klub Jabar Selain Persib

Ridwan Kamil tidak ingin mencampuri rumah tangga Persib.

Liputan6.com, Jakarta Ridwan Kamil bakal maju menjadi Calon Gubernur (Cagub) Jawa Barat (Jabar) untuk periode 2018-2023. Kalau terpilih, ia berjanji akan memberikan perhatian dengan porsi besar kepada klub-klub sepak bola di Jabar kecuali Persib Bandung.

Ridwan Kamil menganggap Persib tidak perlu lagi mendapat dukungan dari pemerintah. Sebab, tim berjuluk Pangeran Biru itu dinilainya telah menjelma sebagai klub yang profesional.

Tanpa campur tangan pemerintah, Persib dapat mengarungi kompetisi dengan mandiri. Oleh sebab itu, Ridwan Kamil bakal mengalihkan dukungannya kepada klub-klub yang ada di Jabar selain Persib.

Ridwan Kamil sempat menyebut Persikasi Kabupaten Bekasi dan Persipasi Kota Bekasi sebagai sasarannya. Dalam suatu kesempatan, ada warga Bekasi yang memintanya untuk membangun kembali gairah sepak bola Kota Patriot.

“Kemarin di Bekasi, pak tolongkan Persikasi dan Persipasi. Kalau itu bisa dan boleh. Supaya kebanggaan itu levelnya per wilayah. Sebab Persib identik dengan Bandung,” buka pria yang karib dipanggil Kang Emil kepada Liputan6.com belum lama ini.

‘Kadang-kadang itu kuncinya di manajemen. Persib hebat karena keuangan di balik Persib itu mantap. Jangan-jangan kan itu isunya dana. Kalau itu isu, dan saya terpilih, mencarikan investor-investor seperti di Inggris, yang mau putarin uang, membeli pemain yang berkualitas, bisa kan jadinya,” katanya menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Intervensi Pemerintah

Jika masyarakat berkehendak dirinya sebagai orang nomor satu di Jabar, Kang Emil berencana untuk mencari investor-investor untuk klub selain Persib. Pria yang juga menjabat sebagai Wali Kota Bandung itu juga berupaya menggulirkan kompetisi lokal di setiap daerah yang ada di Jabar.

“Itu (klub-klub di Jabar) saya akan intervensi, dalam bentuk apanya, akan saya tanya dulu. Ada warga yang bilang, kita sudah punya stadion keren di Bekasi, tapi klubnya belum maksimal. Kalau itu menjadi aspirasi, kita akan hidupkan dengan kompetisi,” papar Kang Emil.

“Tapi, tanpa dukungan finansial dari institusi swasta kurang maksimal, dan mengandalkan pemerintah, susah. Banyak kendala,” tutup Emil.

3 dari 3 halaman

Klub-Klub di Jawa Barat

Persib Bandung (Liga 1)

Persika Karawang (Liga 2)

Persikabo Kabupaten Bogor (Liga 3)

PSGC Ciamis (Liga 3)

Persikad Depok / Bogor FC (Liga 3)

Patriot Chandrabaga (Liga 3)

PSKC Cimahi (Liga 3)

Maung Anom (Liga 3)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.