Sukses

Proliga: Persaingan Makin Ketat Menuju Final Four

Di bagian putri, Jakarta Pertamina Energi dan Bandung BJB Pakuan sudah memastikan diri lolos ke final four Proliga 2018.

Liputan6.com, Palembang - Persaingan merebut tiket empat besar atau final four semakin ketat memasuki seri kedua putaran kedua Proliga 2018 di GOR PSCC, Palembang, 9-11 Maret mendatang. Tidak terkecuali bagi tuan rumah Palembang Bank SumbelBabel.

Skuat asuhan Samsul Jais ini hingga seri pembuka putaran kedua Proliga di Bali, pekan lalu, masih di posisi kedua dengan 9 poin. Pada laga kandang, Aji Maulana dan kawan-kawan akan menghadapi Surabaya Bhayangkara Samator dan Bekasi BVN.

Kemenangan atas Jakarta BNI Taplus pada pekan lalu menjadi modal bagi Bank SumselBabel buat menghadapi Samator dan Bekasi BVN. Apalagi, BNI mengalahkan Samator pada laga penutup di Bali.

Menurut Samsul, dua laga di kandang bakal menjadi penentu untuk mengamankan tiket ke final four. "Paling tidak kita bisa menang satu pertandingan dari dua laga itu. Syukur-syukur dua pertandingan itu bisa kita ambil dua-duanya," ucap Samsul dalam jumpa pers di Gedung Bank SumselBabel, Jakabaring, Palembang, Kamis (8/3/2018).

Namun, peserta Proliga yang satu-satunya berasal dari Pulau Jawa itu mempunyai rapor tidak bagus jika bermain di kandang."Tahun ini akan saya buktikan dan saya usahakan Bank Sumsel mendapatkan hasil yang baik," ucap Samsul.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bangkit

Sementara itu, Samator bakal bangkit usai menyerah 1-3 dari Jakarta BNI Taplus pada pekan lalu. Bahkan, pelatih Samator Ibarsjah Djanu Tjahyono menegaskan kekalahan itu akan menjadi pemecut bagi tim asuhannya melawan Bank SumselBabel.

"Kita butuh kemenangan untuk mengamankan lolos ke final four," ucap Ibarsjah.

Saat ini, Samator masih menempati peringkat tiga klasemen sementara dengan 6 poin. Rendy Tamamilang dan kawan-kawan masih harus melakoni dua laga lagi pada seri ketiga atau seri terakhir putaran kedua di Bandung, pekan depan.

3 dari 3 halaman

Putri

Di bagian putri juga tidak kalah seru. Jakarta PGN Popsivo Polwan yang dalam dua laga di Bali gagal memetik hasil maksimal akan menghadapi Jakarta BNI Taplus dan Bekasi BVN (11/3).

Tim asuhan pelatih asal Thailand, Apichat Kongsawat, itu kini menempati peringkat keempat klasemen sementara dengan 10 poin.

Popsivo tertinggal 14 poin dari Jakarta Pertamina Energi dan 11 angka dengan Bandung Bank BJB Pakuan yang sudah pasti melaju ke final four. Direktur Proliga Hanny S. Surkatty menyebut persaingan menuju final four semakin ketat, baik di putri maupun putra.

"Jadi, pertarungan di seri kedua putaran dua ini dipastikan semakin seru sekali," tutur Hanny.

Selain itu, penampilan para pemain secara individu juga lebih ketat. Hal ini dikarenakan adanya pemilihan pemain untuk tim nasional menuju Asian Games 2018, Agustus mendatang.

"Penampilan pemain juga akan lebih meningkat lagi," ucap, Hanny yang juga Ketua V Bidang Kompetisi dan Pertandingan PP. PBVSI serta Wakil Ketua Badan Tim Nasional (BTN).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.