Sukses

Indonesia Targetkan Tembus 10 Besar di Asian Para Games 2018

Atlet difabel Indonesia diharapkan bisa banyak menyumbang medali di Asian Para Games 2018

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi berharap atlet berkebutuhan khusus atau difabel bisa menyumbang banyak medali untuk Indonesia pada Asian Para Games 2018.

"Kita punya harapan dan optimisme yang luar biasa untuk Asian Para Games ini karena waktu Asean Para Games di Kuala Lumpur, kita berhasil menjadi juara umum, padahal waktu itu targetnya hanya juara 2 tapi berhasil melampaui," ujar Menpora usai Rapat Tingkat Menteri di Kantor Kemenko PMK Jakarta, Jumat (9/3/2018).

Itu artinya, lanjutnya, semangat dari National Paralympic Committee (NPC) meskipun difabel tetapi betul-betul maksimal.

"Demikian pula Asian Para Games ini kita jadi tuan rumah, tentu ini peluang yang sangat besar karena kita bertanding di hadapan penonton sendiri, dan di rumah sendiri," ucapnya.

Semangat ini, menurut Imam akan terus didorong sehingga target dari pemerintah untuk 10 besar itu pasti bisa kita lampaui. Ia mengatakan, nantinya hadiah atau bonus yang didapat oleh atlet Asian Para Games akan sama dengan atlet Asian Games.

"Namun demikian Pak Presiden, Pak Wakil Presiden, Bu Menko (Menko PMK Puan Maharani) betul-betul minta bahwa penyamaan penghargaan itu harus dilakukan. Sehingga kalau atlet Asian Games itu mendapat bonus apa berapa, itu juga disamakan. Itu kebijakan yang sudah kami terapkan sejak Sea Games kemarin," jelas Imam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perintah Presiden

Sementara itu, Ketua Umum National Paralympic Committee (NPC) Senny Marbun menargetkan atlet Para Games Indonesia bisa menembus hingga 7 besar di Asian Para Games 2018.

"Soal prestasi yang kita siapkan 2018 ini mudah-mudahan sesuai dengan perintah Bapak Presiden, mungkin bisa kita tempuh 7 besar," tutur Senny.

3 dari 3 halaman

Tak Mudah

Meski sadar lawan yang tidak mudah, maka menurut Senny apabila Indonesia bisa berada posisi 7 besar itu sudah sangat luar biasa.

"Karena kita juga sama-sama sadar musuh kita bukan hanya negara kecil, semuanya juga negara yang luar biasa. Oleh karena itu kalau kita bisa sampai tembus 7 besar itu sudah sangat luar biasa," tutup Senny.

Ajang Asian Para Games ini akan dilaksanakan pada 6-13 0ktober 2018. Kegiatan digelar setelah Asian Games 2018 18 Agustus-2 September 2018 mendatang. (Devira Prastiwi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.