Sukses

Egy Maulana Baru Main untuk Lechia Gdansk Usai Asian Games 2018

Egy Maulana Vikri dibutuhkan timnas Indonesia U-23 untuk Asian Games 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Egy Maulana Vikri bakal menandatangani kontrak bersama Lechia Gdansk pada Minggu (11/3/2018) waktu setempat. Lalu, kapan pemain tim nasional (timnas) Indonesia U-23 itu mulai akan bermain untuk klub kasta tertinggi Liga Polandia itu? 

Saat ini, Egy masih berusia 17 tahun. Baru pada 7 Juli 2018, sang wonderkid bakal genap berusia 18 tahun.

Selepas membubuhkan coretan hitam di atas putih bersama Lechia, Egy tidak akan langsung bergabung dengan klub tersebut. Siswa Sekolah Khusus Olahraga (SKO) Ragunan, Jakarta Selatan, ini kembali pulang ke Tanah Air pada 12 atau 13 Maret 2018.

Egy yang berstatus pelajar kelas 3 SMA SKO, bakal menuntaskan jenjang pendidikan dengan mengikuti Ujian Nasional (UN) 2018 pada April 2018. Selain itu, wonderkid berkaki kidal ini juga akan membela timnas U-23 di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang pada Agustus-September 2018.

"Minimal, saat usianya 18 tahun. Yang kedua, kita lihat dulu di Asian Games 2018. Karena kan kepentingan nasional itu lebih penting," buka Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Raden Isnanta ketika dihubungi Liputan6.com.

Kemenpora dalam hal ini terus memberikan dukungan untuk Egy berkarier di Eropa. Selain itu, Egy juga masih berada di bawah naungan Kemenpora, karena tercatat sebagai siswa di SKO, sekolah milik kementerian tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Musim Depan

Merujuk dari pernyataan Isnanta, Egy kemungkinan besar baru bakal bergabung penuh dengan Lechia pada kompetisi musim depan, yakni di saat usianya telah menginjak 18 tahun dan pasca Asian Games 2018.

Dalam hal ini, timnas U-23 lebih membutuhkan tenaga Egy untuk Asian Games 2018. Mengingat, sang pemain merupakan gelandang kreatif yang ada dalam skuat tim berjuluk Garuda Muda itu.

"Nanti dalam perjanjian semoga itu juga tertuang, kepentingan nasional itu. Kapan TC timnas U-23, Egy dipakai atau tidak, kita masih belum tahu. Semuanya masih membentuk tim dan bongkar pasang pemain," ujar Isnanta.

3 dari 3 halaman

Lechia Gdansk

Klub anyar Egy, Lechia, terancam degradasi pada musim depan. Itu setelah tim berjuluk The Stripes ini menduduki posisi ke-13 dari 16 peserta.

Delapan tim terbawah, yaitu 9-16, akan mengikuti babak kualifikasi yang menentukan tim degradasi pascakompetisi selesai. Lechia baru mengoleksi 27 poin dari 26 pertandingan. Sementara kasta teratas Liga Polandia, Ekstraklasa, menyisakan empat partai terakhir.

Ada potensi Egy mengarungi debutnya di Eropa dengan bermain di kasta kedua Liga Polandia pada musim depan. Sebab, sulit untuk The Stripes meninggalkan zona merah setelah tertinggal 11 poin dari batas paling aman, yaitu tim Zaglebie Lubin tim peringkat kedelapan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.