Sukses

Ferguson Tiga Tahun Lagi

Barcelona menjadi momok tersendiri bagi Sir Alex Ferguson. Guna memenuhi obsesinya menaklukkan Catalan, Ferguson berencana memperpanjang pengabdiannya di Old Trafford untuk tiga tahun ke depan.

Liputan6.com, Manchester: Untuk kali pertama sepanjang 25 tahun kariernya menangani Manchester United, Sir Alex Ferguson mengakui jika tim sekelas Barcelona yang dihadapinya di Wembley saat final Liga Champions merupakan tim terbaik yang pernah dihadapinya. Karenanya, setelah dua kali dipermalukan, Ferguson bertekad untuk menaklukkan Pep Guardiola dengan cara melakukan overhaul dalam skuadnya plus memperpanjang pengabdiannya di Old Trafford untuk tiga tahun ke depan.

Dengan jaminan bujet belanja yang cukup dari keluarga Malcolm Glazer, owner klub, Ferguson setidaknya bakal melepas 10 pemain di bursa transfer musim panas ini. Restrukturisasi skuad menjadi pilihan wajib bagi Ferguson setelah Wayne Rooney dkk “diajari” bermain bola oleh Lionel Messi dkk. Sampai sejauh ini, baru tiga pemain senior yang dipastikan bakal keluar dari roster: Edwin van der Sar, Gary Neville, dan Owen Hargreaves. Dalam waktu dekat, Ferguson bakal meminta jawaban dari Paul Scholes. Andai salah satu passing master terbaik di Eropa itu gantung sepatu, Ferguson bakal meminta Scholes untuk menangani klub yunior menggantikan Ole Gunnar Solksjaer.

Akan tetapi, meski Scholes membuat keputusan tetap tinggal, Ferguson wajib memboyong gelandang jempolan untuk menandingi Xavi Hernandez dan Andres Iniesta. Dua nama muncul di bursa, playmaker Inter Milan Wesley Sneijder dan pengatur serangan Tottenham Hotspur Luka Modric. Isunya, guna memikat Spurs, Ferguson menyodorkan Dimitar Berbatov plus 20 juta pound. Secara mengejutkan di laga final Champions Ferguson mencoret Berbatov dan lebih memilih Michael Owen.

Yang lainnya, meski sempat dibantah yang bersangkutan, Ferguson kian dekat merekrut kiper muda Atletico Madrid, David de Gea yang akan dijadikan suksesor Van der Sar. Guna melapis Rio Ferdinand dan Nemanja Vidic, Ferguson dikabarkan tengah melakukan pembicaraan lanjutan dengan klub Lens terkait proposal transfer senilai 8 juta pound untuk palang pintu Raphael Varane. Dari dalam negeri alias talenta lokal, Ferguson mengincar bintang Everton Jack Rodwell dan winger Aston Villa Ashley Young.

Selain menengok ke luar, Fergie pun berkesempatan mengasah talenta muda yang tergabung dalam tim yunior Setan Merah yang baru saja meraih gelar FA Cup, seperti Ravel Morisson, Ryan Tunniclifee, dan Paul Pogba. Imbasnya, demi memenuhi roster 25 pemain, Tomasz Kuszczak, Wes Brown, Gabriel Obertan, Bebe, dan bahkan Darron Gisbon, harus siap mengepak koper mereka masing-masing.(MEG/Guardian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini