Sukses

5 Manajer dengan Kekalahan Terbanyak Sepanjang Sejarah Liga Inggris

Tim tak mudah meraih kemenangan di Liga Inggris

Liputan6.com, Jakarta Untuk melatih di Liga Inggris bukan perkara mudah untuk para manajer. Manajer di bawah ini bisa jadi contoh, betapa sulitnya meraih kemenangan di kompetisi tersengit dunia tersebut dan dicap sebagai pemegang rekor kekalahan terbanyak.

Beberapa waktu lalu, Jose Mourinho pernah menyebut manajer Arsenal, Arsene Wenger sebagai spesialis gagal. Faktanya, sepanjang kariernya di Arsenal, Wenger sejauh ini sudah menelan 150 kekalahan.

Sejak ambil alih tim 1996 silam, manajer asal Prancis tersebut telah menjalani 820 pertandingan dengan 471 kemenangan, 1999 imbang, dan kalah 150 kali. Buruk memang, tapi nyatanya masih ada yang lebih bobrok lagi darinya.

Di bawah ini ada lima manajer yang memegang rekor kekalahan terbanyak di Liga Inggris. Berikut daftarnya dikutip Sokka:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

5. Mark Hughes

Stoke City memecat Mark Hughes awal musim ini setelah hasil yang buruk. Faktanya Hughes memang merupakan salah satu manajer gagal di Inggris.

Padahal, dia sering menghabiskan banyak uang dalam beberapa tahun terakhir namun klub Stoke City tidak sama sekali alami kemajuan. Padahal, pengalamannya di Inggris cukup banyak.

Hughes pernah menangani QPR, Fulham, Blackburn Rovers, dan Manchester City. Namun secara total, ia telah kehilangan 170 pertandingan di Liga Inggris.

3 dari 6 halaman

4. Steve Bruce

Legenda Manchester United ini sedang melakukan pekerjaan bagus di Divisi Championship bersama Aston Villa. Mereka saat ini ada di urutan ketiga dan punya kesempatan besar untuk mendapatkan tempat promosi otomatis.

Namun demikian, Steve Bruce punya rekordi Premier League yang tidak begitu bagus. Dia telah kehilangan total 173 pertandingan selama hari-harinya di Hull City, Crystal Palace, Birmingham City, Sunderland, dan Wigan Athletics.

Sebenarnya, Bruce punya prestasi yang lumayan bagus dalam kariernya sebagai manajer. Dia dua kali bawa Birmingham lolos ke Liga Inggris dan bahkan bikin tim sekelas Hull City raih runner-up Piala FA 2013-14 lalu.

4 dari 6 halaman

3. David Moyes

Bos West Ham, David Moyes mengambil resiko menangani klub rawan terdegradasi. Padahal musim lalu dia tidak bisa menyelamatkan Sunderland.

The Hammers memercayainya dan dalam beberapa minggu pertama, semuanya berjalan baik di London Stadium. Tapi kini masalah mulai kembali datangi eks bos Man United itu.

Mereka saat ini berada di urutan ke-16 dengan 30 poin hanya berselisih 3 poin dari tim urutan 19, Stoke City. Faktanya Moyes memang jadi salah satu manajer gagal dengan kehilangan total 176 pertandingan dalam kariernya di Liga Inggris.

5 dari 6 halaman

2. Sam Allardyce

Big Sam akhir pekan lalu berhasil memimpin timnya, Everton meraih kemenangan berharga melawan Brighton di liga Inggris. Kemenangan itu membawa mereka ke posisi 9 dengan 37 poin.

Ini jelas menjadi secercah harapan buat penggemar The Toffes usai awal yang bobrok bersama Ronald Koeman. Mereka jelas berharap Allardyce bisa membuat Everton kembali jadi kuda hitam seperti masa David Moyes.

Akan tetapi, Big Sam tetap dicap sebagai manajer dengan kekalahan terbanyak. Dia telah kalah dalam 198 pertandingan Liga, baik bersama Everton, Crystal Palace, West Ham, Bolton, Sunderland, dan Newcastle.

6 dari 6 halaman

1. Harry Redknapp

Mantan bos Tottenham Hotspurs ini memegang rekor manajer paling banyak kalah di liga Inggris sepanjang masa. Semasa kariernya, sosok asal Inggris itu selain tangani Spurs, juga melatih Portsmouth, Southampton, West Ham, QPR dan Bournemouth.

Di sisi lain, ia membantu Spurs mencapai perempat final Liga Champions selama waktunya di White Hart Lane. Dia juga mengubah Gareth Bale dari bek kiri menjadi pemain sayap yang sukses.

Penggemar Portsmouth juga tidak akan pernah melupakannya karena dia membantu tim kesayangannya itu mengangkat Piala FA pada 2008. Namun faktanya Redknapp sudah menelan 238 kekalahan si Liga Inggris. (Eka Setiawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.