Sukses

Persija Minta Wapres Bantu Lobi Inasgoc untuk Gunakan 3 Stadion Asian Games

Persija meminta saran Wapres.

Liputan6.com, Jakarta - Persija Jakarta bakal kembali terusir dari ibu kota dan sekitarnya. Pasalnya, tiga stadion yang diproyeksikan untuk menjadi markas tim berjuluk Macan Kemayoran ini dipastikan akan steril dari kegunaan di luar Asian Games 2018 mulai awal Mei 2018.

Stadion tersebut adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, dan Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor. Selain SUGBK, dua venue lainnya tengah dalam masa renovasi untuk Asian Games 2018.

Dalam draft jadwal yang dikeluarkan PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator kompetisi Liga 1, Persija akan menggelar tiga partai kandang hingga Mei. Masing-masing melawan Arema FC (31 Maret), Borneo FC (14 April), dan Persib Bandung (28 April). Partai kandang awal ini dapat digelar di stadion yang berada di ibu kota dan sekitarnya.

Persija meminta pemerintah, khususnya Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk menyampaikan kepada Wakil Presiden (Wapres) RI, Jusuf Kalla, yang juga menduduki posisi sebagai Ketua Pengarah Asian Games 2018, untuk memberi izin penggunaan ketiga stadion tersebut pada Mei 2018.

Inasgoc sebagai panitia penyelenggara Asian Games sebelumnya telah memutuskan tiga stadion yang diperuntukkan untuk Asian Games 2018 harus steril dari kegiatan selain perhelatan multievent itu.

“Stadion masih belum mendapat kepastian di ibu kota dan sekitarnya. Kita sudah mengirim surat kepada wapres, isinya meminta saran, petunjuk, dan kebijaksanaan. Persija ingin menggunakan tiga stadion di Jabodetabek,” ujar Direktur Utama Persija, I Gede Widiade dalam konferensi pers di Kantor Persija, Jakarta Selatan, Minggu (18/3/2018).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Terancam Musafir

Asian Games 2018 bakal bergulir pada Agustus-September 2018. Tapi, tiga stadion yang akan menjadi venue cabang sepak bola bakal disterilkan mulai Mei mendatang.

Persija meminta kebijaksanaan dari pemerintah dan Inasgoc untuk memperbolehkan memakai salah satu dari tiga stadion itu. Dengan pertimbangan, kalau tidak stadion tersebut tidak dipakai Inasgoc untuk menggelar kegiatan menjelang Asian Games 2018.

“Alasannya, bahwa tiga stadion itu tidak semuanya digunakan untuk cabor sepak bola di Asian Games. Kalau tidak digunakan, kita dapat pakai untuk homebase,” papar Gede.

SUGBK tidak dipakai untuk venue cabor Asian Games 2018. Tapi, SUGBK bakal menggelar upacara pembuka dan penutupan gelaran multievent ini.

3 dari 3 halaman

Opsi Stadion Lain

Persija telah menyiapkan stadion alternatif kalau terusir dari ibu kota dan sekitarnya. Macan Kemayoran menjadikan Stadion Sultan Agung Bantul, Yogyakarta, sebagai markas untuk kompetisi 2018.

“Pemerintah Bantul sangat welcome ke kita,” tutup Gede.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.