Sukses

Asian Games: Mobil Hidrogen Akan Dioperasikan di Jakabaring

Mobil bebas polusi akan beroperasi di kawasan olahraga Jabaring Palembang saat Asian Games 2018.

Liputan6.com, Palembang - Mobil berbahan bakar hidrogen akan beroperasi di kawasan olahraga Jakabaring Palembang, khusus untuk mengakut peserta Asian Games 2018. Staf Khusus Gubernur Bidang Perubahan Iklim Sumsel Najib Samani mengatakan sudah bertemu dengan Mr Aleksander Gerbec (Inggris) dan Dr Ben Todd (Norwegia) dari IMS Ecubes terkait kendaraan berbahan bakar hidrogen.

"Jadi dalam pertemuan itu, mobil bebas polusi ini akan beroperasi di kawasan olahraga Jakabaring Palembang pada perhelatan Asian Games 2018 nanti," kata Najib di Palembang, Senin (19/3/2018), seperti dinukil dari Antara.

Ia menambahkan setidaknya ada 10 mobil kecil berbahan bakar energi hidrogen yang bakal dioperasikan. Selain itu, juga akan ada mobil besar yang berbahan hidrogen beroperasi saat Asian Games. Tetapi, jumlahnya masih dibahas oleh Gubernur Sumsel Alex Noerdin atau akan disesuaikan dengan kebutuhan.

Najib mengatakan penggunaan mobil berbahan bakar energi hidrogen sebagai salah satu langkah Pemerintah Provinsi Sumsel untuk menciptakan udara bersih, terutama di kawasan pertandingan.

Sebelumnya, Sekda Sumsel Nasrun Umar menyebut kawasan olahraga Jakabaring Palembang akan dijadikan areal bebas polusi. Sehingga kendaraan yang beroperasi harus berbahan bakar rendah emisi.

Apalagi, kawasan olahraga terpadu itu akan dihadiri ribuan tamu dari berbagai negara untuk ambil bagian di Asian Games. "Sehingga udaranya juga harus bersih," ujar Nasrun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.