Sukses

Ponaryo Astaman Tertarik Jadi Komentator Sepak Bola

Ponaryo Astaman mengaku tertarik menjadi komentator sepak bola.

Jakarta - Mantan kapten Timnas Indonesia, Ponaryo Astaman, merasakan sensasi menjadi komentator dalam launching Liga 1 2018 yang digelar dan disiarkan langsung dari Studio 5 Indosiar, Senin (19/3/2018). 

Ponaryo menjadi satu dari empat komentator dalam launching Liga 1 2018 bersama Rendra Soedjono, Valentino Simanjuntak, dan Yusuf Kurniawan. Dari keempat sosok yang tampil sebagai komentator itu, hanya Ponaryo yang merupakan mantan pesepak bola profesional dan baru kali pertama muncul dengan gaya sebagai komentator.

Mantan pemain yang juga jadi pelatih Borneo FC di Piala Presiden 2018 itu mengaku merasakan ketertarikan menjajal jadi komentator, yang belum pernah dilakukannya. Menurut Ponaryo Astaman, komentator merupakan hal baru di luar rutinitasnya selama ini.

"Saya sempat berpikir ada ketertarikan mencari suasana baru di luar rutinitas saya selama ini. Kemarin saya sempat terjun dalam dunia kepelatihan sepak bola. Namun, bermain sepak bola dengan kepelatihan itu beda-beda tipis, sedangkan komentator adalah dunia baru yang membuat saya merasa tertarik," ungkap Ponaryo Astaman selepas launching Liga 1 2018.

Ponaryo yakin dirinya mampu mempelajari teknik-teknik untuk menjadi seorang komentator yang baik. Cukup mengenal sejumlah komentator kondang Indonesia, membuatnya yakin bisa menjajal profesi tersebut lebih dalam.

"Saya pasti akan membaca dan melihat referensi dari banyak komentator yang sudah ada. Saya juga akan bertanya-tanya dengan yang sudah berpengalaman seperti Rendra atau Valentino," lanjut Ponaryo Astaman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.