Sukses

Novara Raih Tiket Promosi Terakhir

Novara mengikuti jejak Atalanta dan Siena, meraih tiket promosi ke Serie A musim depan usai mengalahkan Padova 2-0 di final play-off Serie B. Keberhasilan kali pertama bagi Novara dalam 55 tahun terakhir!

Liputan6.com, Novara: Novara mengukir sejarah. Untuk kali pertama sejak 1956 atau 55 tahun terakhir, Novara berhasil meraih tiket promosi ke Serie A musim depan usai mengalahkan Padova 2-0 (1-0) di leg kedua final play-off Serie B yang berlangsung di Stadio Silvio Piola, Minggu (12/6) malam waktu setempat atau Senin (13/6) dinihari WIB.

Berbeda dengan liga-liga lainnya, format play-off Serie B yang menggunakan sistem home dan away, tidak menghitung gol tandang. Andaikata dari dua laga hasilnya tetap imbang, maka tim yang menempati posisi lebih baik di klasemen yang bakal mendapatkan tiket promosi. Karena itu, Novara yang bertengger di peringkat ketiga cukup bermain imbang menyusul hasil seri tanpa gol di leg pertama yang digelar di kandang Padova (peringkat kelima) pada Kamis (9/6) lalu.

Tampaknya, leg kedua membawa keberuntungan bagi skuad asuhan Attilio Tesser itu. Pasalnya, ketika babak pertama baru berjalan 14 menit, tim tamu harus tampil dengan 10 pemain menyusul kartu merah langsung yang dijatuhkan pada bek Padova Cesar yang melakukan profesional foul terhadap Pablo Andres Gonzalez di luar kotak penalti.

Eksekusi tendangan bebas yang dilakukan sendiri oleh Gonzalez bersarang di gawang Padova. Skor 1-0 untuk Novara. 20 menit menjelang laga usai, tuan rumah menambah keunggulan menjadi 2-0 melalui gelandang serang Marco Rigoni. Skor 2-0 bertahan sampai pertandingan usai.

Keberhasilan ini merupakan prestasi istimewa bagi Novara dan Tesser. Pasalnya, musim lalu pun Novara baru meraih tiket promosi ke Serie B dari Lega Pro. Kesuksesan ini membuat Novara mengikuti jejak dua tim Serie B lainnya yang meraih tiket promosi otomatis: Atalanta dan Siena.(MEG/Football Italia)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini