Sukses

Ducati Ungkap Penyebab Insiden Jorge Lorenzo di MotoGP Qatar

Ducati menyebut kecelakaan yang dialami Jorge Lorenzo pada MotoGP Qatar bukan disebabkan human error.

Doha - Manajer tim Ducati, Davide Tardozzi, menyebut insiden yang menimpa Jorge Lorenzo pada MotoGP Qatar, Minggu (18/3/2018), disebabkan masalah pengereman.

Pernyataan ini diungkap Tardozzi setelah Ducati menginvestigasi insiden Lorenzo dengan Brembo, pemasok rem Ducati. Pria asal Italia itu mengatakan, rem depan motor Lorenzo tak berfungsi dengan baik.

"Kami menginvestigasi masalah ini dengan Brembo. Ini bukan tipe kesalahan yang disebabkan kesalahan manusia, ini masalah teknis dan kami mempelajari ini dengan pabrikan," kata Tardozzi seperti dikutip Motorsport.

Lorenzo terjatuh pada lap ke-12 di tikungan keempat. Ketika itu motor pembalap berjuluk X-Fuera itu menghantam dinding pembatas. Beruntung, Lorenzo tak mengalami cedera berat.

Pembalap asal Spanyol itu mengaku masalah rem menjadi penyebab utama dirinya tak bisa nyaman dalam membalap. "Pada lap kedua setelah lintasan lurus, saya mengalami masalah dengan rem depan. Jadi, saya berusaha untuk lebih banyak melakukan pengereman dengan rem belakang," kata mantan pembalap Yamaha itu.

"Ketika saya hendak melewati lap terakhir sebelum jatuh, saya sudah merasakan ada kejanggalan ketika berada di titik pengereman pertama. Kemudian jelang tikungan keempat saya sadar tak memiliki rem. Saya mengarah tepat ke tembok dalam kecepatan tinggi sehingga saya memilih untuk menjatuhkan diri," tambah Jorge Lorenzo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.