Sukses

Sikat Hangtuah, Satria Muda Lolos ke Final IBL

Satria Muda unggul 2-1 atas Hangtua dan lolos ke final IBL.

Liputan6.com, Jakarta - Satria Muda Pertamina lolos ke final IBL Pertalite 2017-2018. Klub asuhan Youbel Sondakh mengakhiri perlawanan kuda hitam BSB Hangtuah usai menang 78-56 pada gim ketiga semifinal Divisi Merah di Britama Arena, Jakarta, Minggu (25/3/2018).

Kemenangan ini membuat Satria Muda unggul 2-1 atas Hangtuah di semifinal IBL. Satrua Muda merebut gim pertama di kandang Hangtuah, Batam, tapi kecolongan pada gim kedua semalam.

Satria Muda langsung tancap gas di kuarter pertama. Tiga kali tembakan tiga angka dan drive-drive Jamarr Andre Johnson membuat mereka unggul trlak 30-16 di akhir kuarter pertama. Jamarr membuat 11 poin di kuarter pertama.

Sementara Hangtuah kesulitan mengatasi ketatnya defense Satria Muda. Dua pemain asing Hangtuah, Nahshon George dan Keenan Palmore dibuat mati kutu.

Memasuki kuarter dua, permainan Hangtuah sedikit membaik. Aksi-aksi menawan Palmore membuat Hangtuah memangkas poin menjadi 11 angka. Namun, tembakan tiga angka Juan Laurent Kokodiputera membuat Satria Muda kembali menjauh.

Hangtuah baru bisa mendekat lagi di penghujung kuarter dua. Kelly Purwanto melakukan buzzer beater tiga angka sehingga saat jeda, Hangtuah hanya tertinggal 10 poin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kuarter Ketiga

Satria Muda tak membiarkan momentum kebangkitan Hangtuah berlanjut. Dimotori Christian Ronaldo Sitepu dan Juan Laurent, Satria Muda memperlebar margin keunggulan menjadi 15 poin di akhir kuarter tiga.

Hangtuah mati-matian berusaha mengejar di kuarter empat. Sayangnya, buruknya akurasi tembakan George membuat mereka kesulitan mendekat. Ia malah banyak membuat kesalahan sendiri. Satria Muda akhirnya menang dengan selisih 22 poin.

"Puji Tuhan kita bisa lewati semifinal ini. Kami bermain bagus hari ini. Yang saya senang, warnanya Satria Muda mulai terlihat di laga ini," kata pelatih Satria Muda Youbel Sondakh.

3 dari 3 halaman

Jamarr Andre Johnson

Jamarr Andre Johnson jadi bintang kemenangan Satria Muda. Eks pemain CLS ini nyaris membuat triple double dengan 14 poin, 10 rebound, dan tujuh assists ditambah tiga steal serta tiga blok.

Pencetak angka terbanyak Satria Muda di laga ini adalah Juan Laurent dengan 17 poin. Di kubu Hangtuah, George dan Palmore sama-sama membuat 20 angka.

"Dari awal sudah optimistis bakal menang. Setelah kalah semalam, kami lakukan evaluasi menyeluruh. Kami kali ini bisa main sebagai tim. Defense jadi kunci utama. Kalau defence sudah benar, serangan akan mengalir," kata Juan Laurent seusai laga.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.