Sukses

Sesal Deschamp Tinggalkan Juventus

Terburu-buru saat membuat keputusan. Itulah yang disesali Didier Deschamps saat menanggalkan jabatannya sebagai pelatih Juventus di akhir musim 2006-2007.

Liputan6.com, Paris: Sesal dahulu pendapatan, sesal kemudian tak berguna. Pepatah yang pas untuk menggambarkan kekecewaan yang mendalam dalam diri Didier Deschamps setelah memutuskan menanggalkan jabatannya sebagai pelatih Juventus di akhir musim 2006-2007.

Meskipun berhasil mengantarkan Alessandro Del Piero dkk menjadi juara Serie B—menyusul skandal Calciopoli—sekaligus tiket promosi ke Serie A, Deschamps secara mengejutkan meninggalkan Turin. Walhasil, selama dua musim Deschamps jadi pengangguran. Pengalaman itulah yang menjadi bekal berharga bagi mantan pelatih AS Monaco tersebut.

“Tetap menjadi penyesalan keputusan yang saya buat ketika meninggalkan Juventus. Kesalahan yang membuat saya belajar banyak untuk tidak membuat keputusan dengan segera di akhir musim ketika segala sesuatunya tengah memanas. Hal itulah yang harus saya bayar,” tegas Deschamps yang pada 5 Mei 2009 ditunjuk menangani Olympique Marseille.

Di musim panas ini, Deschamps termasuk salah satu kandidat pelatih AS Roma menggantikan Vincenzo Montella sebelum akhirnya klub memilih pelatih tim yunior Barcelona Luis Enrique. Deschamps mengaku senang dan gembira tinggal bersama Marseille dan bertekad membawa OM meraih prestasi yang lebih tinggi.

Dalam dua musim, Deschamps baru mengantarkan satu gelar Ligue 1 di musim 2009-2010, dua trofi Coupe de la Ligue (2010 dan 2011), dan Trophee des Champions 2011. “Marseille adalah pilihan pertama. Owner klub Margarita Louis-Dreyfus selalu bersikap baik. Pun demikian pula halnya dengan Presiden Klub Vincent Labrune yang senantiasa memenuhi permintaan yang saya sodorkan,” ujar Deschamps.

“Klub bakal merayakan kemenangan 20 tahun di ajang Liga Champions pada 2013. Saya ingin meraih pengalaman tersebut. Jika segalanya berjalan mulus, maka di musim berikutnya saya pun ingin tetap bersama klub yang akan memulai pengalaman bertanding di Stade Velodrome yang baru. Mungkin, setelah itu, para pemegang saham bakal dapat menyediakan bujet transfer yang cukup untuk membawa klub ini ke level yang lebih tinggi,” pungkas Deschamps yang kontrak kerjanya bakal usai pada Juni 2012.(MEG/Goal)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.