Sukses

Kolombia Tekuk 10 Pemain Kosta Rika

Kolombia meraih hasil positif pada laga perdana mereka di Grup A. Berhadapan dengan Kosta Rika yang berlaga dengan 10 pemain, Kolombia memetik kemenangan 1-0 (1-0) lewat gol tunggal Adrian Ramos.

Liputan6.com, Jujuy: Kolombia meraih hasil positif pada laga perdana mereka di Grup A babak penyisihan grup Copa America 2011 di Estadio 23 de Agosto, Jujuy. Berhadapan dengan Kosta Rika yang berlaga dengan 10 pemain, Kolombia memetik kemenangan 1-0 (1-0) lewat gol tunggal Adrian Ramos, Sabtu (2/7) atau Minggu dini hari WIB.

Kolombia mendominasi jalannya permainan begitu babak pertama dimulai. Kolombia tercatat memiliki kesempatan mencetak gol secara terbuka pada menit ke-12 ketika sundulan Radamel Falcao disambut Fredy Guarin dengan tandangan keras. Tembakan itu membuat kiper Kosta Rika Leonel Moreira berjibaku mengamankan gawangnya.

Kosta Rika yang dipenuhi para pemain muda bermain dengan 10 orang ketika pertandingan berjalan 28 menit. Randall Brenes, salah satu pemain berpengalaman, menerima kartu merah wasit akibat tekel kerasnya ke Luis Perea. Kondisi itu semakin membuat Kolombia mendominasi.

Melihat keunggulan jumlah pemain, pelatih Kolombia Hernan Dario Gomez mengaktifkan satu lagi penyerang dengan memasukkan Hugo Rodallega. Kebuntuan serangan baru bisa dipecahkan Kolombia di menit terakhir babak pertama. Umpan jauh Guarin dimaksimalkan Ramos yang lolos dari offside untuk melewati Moreira terlebih dulu sebelum menyeploskan si kulit bundar.

Tidak ada perubahan besar di babak kedua. Dengan kondisi yang ada Kosta Rika lebih mengandalkan serangan balik guna mengincar gol balasan. Kolombia tidak lebih intensif mengupayakan menciptakan gol tambahan dan upaya Falcao menemui apes setelah sundulannya menerpa mistar gawang.

Tepat sebelum permainan berlangsung satu jam, tendangan bebas David Guzman hanya menerpa jala gawang samping bagian luar. Sementara itu, tendangan bebas Guarin melebar. Satu serangan berbahaya dari Kosta Rika datang lewat aksi Diego Madrigal, tapi hingga pertandingan usai kedudukan tetap 1-0 untuk kemenangan Kolombia.

Dengan raihan poin penuh di laga perdana ini Los Cafeteros memimpin Grup A setelah Argentina bermain imbang melawan Bolivia 1-1 pada laga pembukaan sehari sebelumnya. Tuan Rumah Argentina menjadi lawan kedua Kolombia pada Rabu, 6 Juli, di Santa Fe. Sehari kemudian Kosta Rika menantang Bolivia di Jujuy.(DIM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.