Sukses

Kosta Rika Buka Peluang

Kosta Rika membuka peluang melaju ke perempat final usai meraih kemenangan 2-0 atas Bolivia yang mengakhiri pertandingan dengan 9 pemain. Ticos tinggal mencari hasil imbang dengan Argentina.

Liputan6.com, Jujuy: Kosta Rika membuka peluang melaju ke perempat final Copa America 2011 yang berlangsung di Argentina. Di matchday kedua penyisihan Grup A yang berlangsung di Estadio 23 de Agosto, Jujuy, Kamis (7/7) malam waktu setempat atau Jumat (8/7) pagi WIB, Ticos, julukan Kosta Rika, meraih kemenangan 2-0 (0-0) dari Bolivia yang mengakhiri pertandingan dengan 9 pemain.

Dengan hasil ini, Kosta Rika yang pada laga perdana menelan kekalahan 0-1 dari Kolumbia, untuk sementara menempati peringkat kedua klasemen grup dengan jumlah 3 poin atau satu angka terpaut dari Los Cafeteros yang bertengger di puncak klasemen. Di partai pamungkas, Kosta Rika cukup bermain imbang dengan tuan rumah sekaligus favorit turnamen Argentina guna memastikan diri meraih posisi dua terbaik grup yang berhak bertanding di babak perempat final.

Setelah bermain imbang tanpa gol di paruh 45 menit pertama, Kosta Rika yang sadar dengan opsi kemenangan sebagai satu-satunya jalan membuka peluang lolos ke delapan besar, tampil lebih menggigit di babak kedua. Di menit ke-59, Josue Martinez membuka keunggulan Ticos. Gol ini tercipta ketika tendangan Heiner Mora di kotak penalti dapat ditepis kiper Bolivia Carlos Arias. Bola muntah berhasil diselesaikan Martinez. Skor 1-0.

Keunggulan tersebut kian mendongkrak kepercayaan diri anak-anak asuhan Ricardo La Volpe. Setelah tembakan keras Joel Campbell membentur mistar gawang Bolivia, di menit ke-70 Kosta Rika mendapat peluang emas ketika bek Ronald Rivero diganjar kartu kuning kedua alias kartu merah karena dengan sengaja memblok tendangan Mora yang mengarah ke dalam gawang dengan tangannya. Wasit Carlos Vera pun menunjuk titik putih. Sayang, eksekusi pemain pengganti Alen Guevara dapat diblok kiper Arias.

Upaya Bolivia untuk mengejar ketinggalan kian sulit setelah di menit ke-75 Walter Flores diganjar kartu merah yang membuat skuad asuhan Gustavo Quinteros terpaksa tampil dengan 9 pemain. Seusai tendangan bebas David Guzman membentur tiang gawang Bolivia, Ticos akhirnya memastikan keunggulan menjadi 2-0 melalui gol cantik Campbell di menit ke-78. (MEG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.