Sukses

FIFA: Indonesia Bebas dari Sanksi

Menyusul suksesnya Kongres Luar Biasa PSSI di Solo, Sabtu (9/7). Induk sepakbola dunia (FIFA) mengkonfirmasi tidak akan menjatuhkan sanksi buat Indonesia.

Liputan6.com, Zurich: Menyusul suksesnya Kongres Luar Biasa (KLB) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (9/7). Badan Sepakbola Dunia (FIFA) mengkonfirmasi, Indonesia terbebas dari ancaman sanksi. Demikian perynataan FIFA via laman resmi mereka, Selasa (12/7).

Melalui proses pemungutan dua putaran, Prof. Djohar Arifin Husin terpilih sebagai Ketua Umum PSSI periode 2011-2015 dari KLB di The Sunan Hotel yang dipantau delegasi FIFA, AFC, dan AFF. Djohar Arifin akan didampingi Farid Rahman yang terpilih sebagai Wakil Ketua Umum PSSI.

Selain menetapkan Ketum dan Waketum PSSI, KLB itu juga menetapkan Executive Committee (Exco) PSSI. Sebagai keputusan tambahan, PSSI juga menandatangani kesepakatan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Liga Primer Indonesia (LPI).

LPI yang dijadwalkan mengakhiri musim kompetisi saat ini pada Februari 2012 nantinya akan berada di bawah kontrol PSSI. Atas seluruh ketetapan dari KLB PSSI itulah yang sudah sejalan dengan statuta PSSI dan FIFA, otoritas di bawah pimpinan Sepp Blatter itu memutuskan tidak ada alasan lagi untuk menjatuhkan sanksi buat PSSI.

Namun demikian, Indonesia masih berada dalam pantauan. FIFA dan AFC akan mengikuti perkembangan dan implementasi MoU mengenai kontrol terhadap LPI dan kepemimpinan pengurus baru dalam menyusun dan menyelenggarakan program pengembangan.(DIM/Fifa)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini