Sukses

La Liga Molor

Asosiasi Pesepakbola Spanyol (AFE) memberi konfirmasi bakal tetap melakukan aksi mogok bertanding di pekan perdana La Liga yang dijadwalkan akan bergulir secara serentak pada akhir pekan ini.

Liputan6.com, Madrid: Kekhawatiran bakal terjadinya pengunduran jadwal kompetisi La Liga di musim ini (2011-2012) akhirnya benar-benar terjadi. Asosiasi Pesepakbola Spanyol (AFE) memberi konfirmasi jika ancaman aksi mogok yang dilakukan para pemain di pekan perdana La Liga bakal tetap dilakukan.

Aksi mogok tersebut terpaksa dilakukan menyusul kegagalan AFE meraih kesepakatan dengan Liga Nacional de Fútbol Profesional (LFP) terkait tuntutan para pemain tentang jaminan gaji pemain dalam dua kali pertemuan yang dilakukan pada Rabu (17/8) dan Jumat (19/8).

Sesuai jadwal, di jornada pembuka bakal digelar sejumlah partai yang menarik untuk disaksikan, semisal Real Madrid menjamu Athletic Bilbao, klub kaya baru Malaga yang akan menjajal kekuatan Barcelona, dan derby Andalusia antara Sevilla dan Real Betis. Akan tetapi, kesemua laga tersebut dipastikan tertunda.

Di awal Agustus AFE telah merilis pernyataan bahwasanya para pemain La Liga dan Liga Adelante (Segunda) bakal melakukan aksi mogok di dua pekan pertama kompetisi musim ini sebagai upaya meminta jaminan finansial dari klub. Para pemain tidak akan turun ke lapangan sampai kesepakatan kolektif terkait tuntutan tersebut ditandatangani AFE dan klub.

Meski sempat menuding tindakan AFE tersebut sebagai “tidak adil” dan mengkritisi sikap AFE, LFP menegaskan tidak akan melakukan tindakan apapun terhadap para pemain. Hal itu diungkapkan Presiden LFP Jose Luis Astiazaran seusai kegagalan pertemuan yang digelar hari ini.

“Tidak ada tindakan disiplin yang bakal dikenakan pada para pemain. Liga benar-benar memahami hak setiap pemain untuk melakukan aksi mogok. Kini kami tengah mencari solusi pada Minggu depan. Saya tidak ingin liga ini hanya berjalan 37 putaran (pekan),” tegas Astiazaran.(MEG/Goal)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini