Sukses

Enam Belas Klub LPI Telah Dilebur

Sebanyak 16 klub yang tergabung dalam kompetisi Liga Primer Indonesia (LPI) telah dilebur ke sejumlah klub yang berlaga di kompetisi Liga Indonesia.

Liputan6.com, Banda Aceh: Sebanyak 16 klub yang tergabung dalam kompetisi Liga Primer Indonesia (LPI) telah dilebur ke sejumlah klub yang berlaga di kompetisi Liga Indonesia. Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Djohar Arifin Husin di Banda Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam, Sabtu (20/8), mengatakan, ke-16 klub LPI yang dilebur tersebut ada yang bergabung dengan Indonesia Super Liga (ISL) dan ada juga dengan klub divisi utama.

Adapun Djohar berada di Banda Aceh, dalam rangka memediasi merger antara manajemen Aceh United (LPI) dan Persiraja (LSI). Menurut dia, alasannya meminta agar klub yang berkompetisi di LPI ikut bergabung karena mereka memiliki lima syarat yang diminta oleh Komite Sepak Bola Asia (AFC) dalam pengembangan sepakbola profesional. "Bila itu tidak dilakukan maka kompetisi liga Indonesia tidak diakui di tingkat intenasional," ucap Djohar.

Syarat utama yang diminta oleh AFC, imbuh Djohar, harus ada legalitas dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, serta berbadan usaha perseroan terbatas (PT). "Selama ini klub-klub yang mengikuti kompetisi sepak bola di Indonesia tidak memiliki itu, makanya mereka diajak untuk dileburkan," ujar Djohar.

"Untuk memaksimalkan proses mediasi antara klub peserta LPI dan peserta kompetisi PSSI tahun lalu bisa dileburkan, kami menggunakan sistem jemput bola agar segala masalah dapat segera teratasi," katanya.

Dia menambahkan, PSSI datang ke setiap klub memberikan penjelasan. Misalnya, untuk wilayah Aceh, Sumatra Utara dan Riau diundang ke Medan untuk membicarakannya. Begitu juga dengan wilayah yang dekat dengan Jakarta diundang ke Ibu Kota, wilayah Sulawesi dan sekitarnya diundang ke Makassar, wilayah Jawa, Bali dan sekitarnya diundang ke Surabaya serta di Yogyakarta.(ANS/Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini