Sukses

Bepe Dua Gol, Indonesia Gulung Palestina

Timnas Indonesia yang akan berjuang di kualifikasi Piala Dunia 2014 meraih modal berharga sebelum bertolak ke Jordania. Pada laga persahabatan terakhir di Tanah Air, tim asuhan Wim Rijsbergen menundukkan Palestina 4-1 (0-0) di Solo.

Liputan6.com, Solo: Timnas Indonesia yang akan berjuang di kualifikasi Piala Dunia 2014 meraih modal berharga sebelum bertolak ke Jordania. Pada laga persahabatan terakhir di Tanah Air, tim asuhan Wim Rijsbergen menundukkan Palestina 4-1 (0-0) di Stadion Manahan, Solo, Jateng, Senin (22/8) malam WIB.

Indonesia pada laga tersebut tertinggal lebih dulu. Meski bermain tidak meyakinkan di babak pertama, Timnas mampu bangkit dan balik menggulung Palestina. Dua gol di antaranya diciptakan Bambang Pamungkas. Dua gol lainnya datang dari Hariono dan Cristian Gonzales.

Timnas turun tanpa diperkuat Boaz Solossa, Muhammad Ilham, dan Ahmad Bustomi. Pelatih Wim Rijsbergen juga melakukan perubahan di lini belakang dengan menurunkan duet palang pintu Hamka Hamzah dan Ambrizal. Demikian di bawah mistar yang dipercayakan kepada Markus Horison.

Perubahan yang diterapkan Rijsbergen di awal laga tidak berujung positif. Timnas tampak canggung dan beberapa kali melakukan kesalahan yang tak perlu. Baru di menit ke-17 Indonesia akhirnya mampu mengkreasi serangan berbahaya. Namun peluang yang dimiliki Bambang gagal membuahkan gol ketika tendangannya melebar dari sasaran.

Kembali di menit ke-22 Indonesia memiliki peluang. Umpan terobosan Bambang gagal dimaksimalkan El Loco Gonzales yang sontekannya berada di samping gawang. Palestina bukannya tanpa peluang. Di menit ke-25 mereka dua kali membahayakan gawang Markus Horison. Salah satunya kesalahan di lini belakang. Hingga babak pertama usai kedudukan tetap kacamata alias 0-0.

Babak kedua bergulir empat menit gawang Timnas terkoyak. Koordinasi kurang rapih di lini belakang dalam menerapkan offside dibayar oleh gol dari Sulieman Obeid. Palestina unggul 1-0. Gol tersebut direspon positif Tim Garuda. Pada menit ke-64, Hariono menyamakan kedudukan melalui sundulan memanfaatkan bola rebound tendangan bebas Gonzales.

Gol tersebut harus dibayar mahal Hariono. Gelandang Persib itu harus digantikan karena mengalami luka di kepala akibat diterjang kaki lawan. gol tersebut menjadi pelecut semangat Firman Utina dan kawan-kawan. Benar saja, di menit ke-70, Gonzales membalikkan keunggulan menjadi 2-1.

Striker naturilasasi berdarah Uruguay itu dengan dingin mengkonversi umpan matang Muhammad Ridwan yang dahului penetrasi di sisi kanan pertahanan Palestina. Delapan menit kemudian atau menit ke-78, Bambang menggandakan keunggulan. Penyerang senior yang kerap dipanggil Bepe itu menuntaskan assist Gonzales, sebelum Bambang menutup kemenangan pada lewat gol keduanya di menit ke-85. Skor akhir: Indonesia 4, Palestina 1.(DIM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini