by

Iran Gulung Indonesia

  • Piala Dunia
  • 0
  • 03 Sep 2011 00:26
Liputan6.com, Teheran: Tidak ada kejutan yang mampu dihadirkan Tim Garuda. Iran memaksimalkan laga kandang di partai pertama Grup E usai menggulung Indonesia 3-0 setelah mampu menahan tuan rumah 0-0 sepanjang babak pertama di Stadion Azadi, Teheran, Jumat (2/9). Dua dari tiga gol Iran dihasilkan sang kapten Javad Nekonam. Satu lagi dilesakkan Andranik Teymourian.

Sejak menit pertama Iran mengambil inisiatif serangan. Berkali-kali Team Melli, julukan Timnas Iran, melancarkan serangan. Di antaranya yang mampu membahayakan gawang Timnas dimiliki Ghasem Hadadibar pada menit ke-27 ketika tembakan spekulasinya melenceng dari sasaran. Sedangkan di menit ke-31 sontekan Mohammad Reza Khalatbari melayang di atas mistar.

Kembali bertubi-tubi Iran menyerang dan sepertinya gol tinggal menunggu waktu. Dua menit sebelum babak pertama usai, Markus mampu membaca dengan baik tendangan bebas kapten Timnas Iran Javad Nekonam. Kredit sejauh ini pantas diberikan ke Markus yang tetap tenang mengawal gawangnya.

Satu tendangan ke gawang dari Indonesia diperoleh di menit ke-36 ketika tembakan kaki kiri Bambang Pamungkas melayang di atas gawang. Meskipun mampu menahan Iran tanpa gol hingga turun minum, namun Indonesia selalu berada di bawah tekanan dan patut waspada di paruh kedua.

Iran tidak butuh waktu lama untuk memecah kebuntuan. Babak kedua berjalan delapan menit, tuan rumah akhirnya unggul 1-0 melalui sundulan Nekonam setelah menyambut tendangan bebas Ali Karimi dari sisi kiri pertahanan Timnas. Tim asuhan Wim Rijsbergen berusaha keluar menyerang sebelum datang ancaman dari tembakan Gholamreza Rezaei yang tepat mengarah ke pelukan Markus.

Indonesia mulai aktif menekan, sementara pelatih Carlos Queiroz melakukan perubahan dengan sejumlah penyerang untuk digantikan pemain bertahan. Respon semakin menggeliatnya Bambang Pamungkas dkk untuk menyerang. Namun, di menit ke-73, sekali lagi gawang yang dijaga Markus bobol. Lagi-lagi datang dari set-piece yang kembali dituntaskan Nekonam. Iran 2, Indonesia 0.

Di saat Indonesia keluar menyerang, Iran memastikan tiga poin di tangan. Gol yang menutup kemenangan 3-0 untuk Iran dijaringkan Teymourian setelah menerima assist dari Hossein Mahini di menit ke-87. Dan skor tersebut bertahan hingga wasit asal Jepang Masaaki Toma meniup peluit panjang.(DIM)

Susunan pemain:
Iran: Seyed Rahmati; Khosro Heydari, Seyed Hosseini, Hadi Aghili, Javad Nekonam, Farhad Majidi, Ali Karimi, Mohammad Khalatbari (Ehsan Hajsafi 65)), Gholam Rezaei (Hossein Mahini 64), Ghasem Hadadifar (Andranik Teymourian 70), Pouladi Mehrdad.
Indonesia: Markus Horison; Zulkifli Syukur (kk), Hamka Hamzah, Muhamad Roby (kk), Benny Wahyudi, Hariono (Tony Sucipto 77), Firman Utina (Oktovianus Maniani 81), Muhammad Ilham (kk) (Irfan Bachdim 61), Muhammad Ridwan, Bambang Pamungkas, Cristian Gonzales.
Comments
Sign in to post a comment