Indonesia Redam Arab Saudi Tanpa Gol

on

Liputan6.com, Kuala Lumpur: Hasil relatif positif dipetik Timnas Indonesia jelang laga kualifikasi Piala Dunia 2014 melawan Qatar. Indonesia menahan imbang Arab Saudi 0-0 pada pertandingan persahabatan di Stadion Shah Alam, Selangor, Malaysia, Jumat (7/10).

Sesuai janjinya, pelatih Wim Rijsbergen menurunkan tiga penyerang sekaligus. Ferdinand Sinaga dan Irfan Bachdim mendampingi Cristian Gonzales. Sedangkan di lini tengah, Rijsbergen menetapkan Hamka Hamzah sebagai gelandang bertahan di belakang Ahmad Bustomi dan M Ilham.

Di posisi penjaga gawang, I Made Wirawan menggeser dua kiper senior Markus Haris Maulana dan Ferry Rotinsulu. Bek tinggi kekar asal Persiba Bantul Wahyu Wijiastanto dipercayakan memulai debutnya di level senior. Dan Supardi menempati posisi bek kiri.

Arab Saudi yang memiliki keunggulan rata-rata menguasai jalannya permainan di awal babak pertama. Pelatih Frank Rijkaard pun memanfaatkan partai ini sebagai persiapan jelang laga kualifikasi PD 2014 dengan maksimal. Misal, langsung menurunkan striker senior sekaligus kapten Yasser Al-Qahtani.

Hingga menit ke-20, Made Wirawan tercatat dua kali melakukan penyelamatan. Sedangkan di menit ke-31, Ahmed Al-Fraidi membuang peluang ketika berada pada situasi menjanjikan di dalam kotak penalti Timnas. Timnas beberapa kali melancarkan serangan yang bersifat sporadis, namun tidak ada yang benar-benar mengancam gawang yang dijaga Waleed Abdullah.

Made Wirawan pun cukup tenang menghalau serangan demi serangan dari Elang Hijau, julukan Timnas Arab Saudi. Salah satunya saat mengantisipasi tendangan jarak jauh Al-Fraidi di menit ke-40. Keberadaan Wahyu Wijiastanto yang bertinggi 193 sentimeter sepanjang babak pertama juga cukup efektif menghalau crossing lawan.

Memasuki injury time, Indonesia memiliki peluang baik ketika Irfan Bachdim hanya terlambat dalam hitungan detik guna menyambut umpan silang tajam dari Ferdinand Sinaga. Tim asuhan Frank Rijkaard juga terlihat beberapa kali terburu-buru dalam penyelesaian akhir.

Di babak kedua performa Timnas jauh lebih baik. Rotasi antarpemain tampak berjalan, terutama di lini tengah dan barisan serang. Beberapa kali Indonesia memberi ancaman, di antaranya dari Hamka dan M Ilham. Melihat kondisi itu Rijkaard menarik dua pemain pilarnya Abdullaziz Al-Dosari dan Al-Qathani.

Pertengahan paruh kedua, Rijsbergen menjajal Yongki Aribowo yang menggantikan “El Loco” Gonzales. Sementara itu, Hamka yang mengalami cedera ditarik keluar untuk digantikan Hariono. Ketika memasuki menit ke-78, Indonesia mendapat peluang emas akibat salah pengertian kiper dengan salah satu pemain belakang Arab Saudi. Sayang tembakan Irfan Bachdim bisa dipotong pemain lawan tepat di depan gawang.

Permainan lebih menarik di akhir permainan. Arab Saudi merespon. Mereka mengancam melalui tembakan keras Nasser Al-Shamrani dari dalam kotak penalti yang menerpa mistar di menit ke-80. Tiga menit berselang, Made Wirawan melakukan penyelamatan penting ketika mematahkan tembakan mendatar Taisir Al-Jassim. Hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan usai skor 0-0 tetap tidak bisa dipecahkan kedua kesebelasan.(DIM)
Suka artikel ini?

0 Comments