Sukses

Portugal Lebarkan Peluang

Dua gol Nani membantu Portugal menggulung Islandia 5-3 (3-0) pada partai kualifikasi Euro 2012 Grup H. Hasil ini membuka peluang Portugal lolos ke Polandia dan Ukraina.

Liputan6.com, Porto: Penampilan apik di babak pertama dan dua gol dari Nani menandai kemenangan Portugal atas Islandia 5-3 pada partai kualifikasi Euro 2012 Grup H, Sabtu (8/10) dini hari WIB. Hasil ini melebarkan peluang Portugal lolos ke putaran final di Polandia dan Ukraina.

Nani membuka kemenangan di Estadio do Dragao 13 menit selepas kick-off. Di menit ke-21, Nani membawa Portugal memimpin 2-0. Tuan rumah semakin menjauh berkat gol Helder Postiga di menit terakhir babak pertama.

Islandia menemukan momentum kebangkitan lewat dua gol Hallgrimur Jonasson pada menit ke-48 dan ke-68. Akan tetapi, Portugal mampu memastikan kemenangan diraih menyusul gol dari Joao Moutinho di menit ke-81 dan Eliseu pada menit ke-87. Islandia sempat mencetak satu gol lagi melalui Gylfi Sigurdsson dari titik penalti di injury time.

Dengan hasil ini Portugal memimpin Grup A dengan 16 poin. Poin yang sama sejatinya juga dimiliki Denmark, tapi Portugal unggul head to head yang menjadi keuntungan signifikan dalam pertemuan keduanya di partai pamungkas hidup mati. Portugal yang melawat ke Denmark hanya membutuhkan hasil imbang untuk lolos otomatis.

Denmark, di partai sebelumnya, mengalahkan tuan rumah Siprus 4-1. Lars Jacobsen membuka kemenangan Denmark menit ketujuh. Dennis Rommedahl mencetak dua gol pada menit ke-11 dan ke-22. Sepasang gol Rommedahl diselingi gol Michael Krohn-Dehli di menit ke-20. Sementara satu-satunya gol dari Siprus tercipta di injury time babak pertama dari Andreas Avraam. Satu ancaman buat Portugal dan Denmark datang dari Norwegia yang berada di urutan ketiga dengan raihan 13 poin.(DIM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini